22 June 2017

SOTO BETAWI

SOTO BETAWI
source #REALKitchenNL

MY Insta @mom_emmyxander

#imakes_itakes
#LM24Photography_NL
#LM24FoodPhotography

Bahagia itu sederhana...

Kalau bisa makan, makanan kampung halaman...
Seperti halnya makan SOTO BETAWI bikinan sendiri.
Walau tidak persis sama, seperti yang di jual di Jakarta.
Setidaknya sudah berusaha bikin...

SOTO BETAWI a la Lynda Maitimu

Tapi SOTO BETAWI bikinan saya ini hanya pakai daging sapi.
Tidak pakai jeroan, selain tidak menemukan bahannya dan juga suami saya kurang suka...
Masak untuk keluarga itu selalu saya usahakan mengikuti selera orang rumah.
Juga tidak di buat pedas, agar anak saya juga bisa menikmati Soto bikinan Mamanya.

Resep Soto Betawi ini sedikit saya adaptasi dari resep website Royko
Hanya saja ada beberapa bahan yang tidak saya punya dan beberapa bahan saya skip.
Lumayan komplit deh bahannya, apalagi ada empingnya juga...
Dulu pernah bikin juga tapi tidak sekomplit sekarang ini...

Dan ini resep yang saya pakai untuk SOTO BETAWI ini...

BAHANnya:

-750 gr Daging Sapi, potong sesuai selera
- 2-3 liter air (sesuaikan)
- 2 kaleng santan (800 liter santan)
- 2 buah kentang, potong dadu dan goreng
- 2 buah cengkeh
- 1 batang serai memarkan
- 2 lembar daun salam
- 2 lembar daun jeruk
- garam, gula pasir secukupnya
- 2 bungkus ROYKO rasa sapi

BUMBU YANG DI HALUSKAN:

- 6 bawang merah
- 3 bawang putih
- merica secukupnya
- jahe, lada, garam secukupnya

- cabe secukupnya, jika ingin pedas
(saya tanpa cabai)

BAHAN PELENGKAP SOTO BATAWI:

-nasi putih secukupnya
- emping goreng secukupnya
- tomat merah potong kecil
- daun bawang secukupnya, iris tipis
- telur rebus secukupnya
- jeruk purut
- sambal
- bawang merah goreng

Semua Bahan di atas di sajikan sebagai pelengkap Soto

SOTO BETAWI versi Mamanya EA

CARA MEMBUATNYA:

1. Masak air dalam panci, masukan daging sapi masak sampai mendidih.

2. Masukan bumbu halus yang sudah di tumis sebentar.

3. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk, cengkeh, jahe, lada garam, aduk merata.

4. Masak sampai daging empuk, lalu masukan, royko dan santannya, aduk perlahan.

5. Cicipi rasanya, jika kurang sesuatu tinggal tambahkan, kecilkan api.

6. Siapkan bahan pelengkapnya, tata dalam mangkuk.

7. Jika sudah matang, Kuah SOTO siap di sajikan dengan bahan pelengkapnya.

8. Sajikan selagi hangat, selamat menikmati...



Tips.
- Air rebusan daging tidak saya buang air (rebusan pertama), karena saya hanya pakai daging, tanpa jeroan.
- Jadi hasilnyapun seperti kaldu daging...
- Masak sampai daging empuk, air bisa di sesuaikan...
- Jika suka dengan jeroan mungkin lebih enak rasanya...
- Saya hanya  dengan daging dan tambahan daging yang sedikit ada lemaknya.


SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)