10 November 2016

GULAI TUNJANG SariBundo

GULAI TUNJANG SariBundo

Source: SariBundo MasakanPadang
Modifiasi by REAL Kitchen NL

GULAI KIKIL TUNJANG Masakan Padang

Masakan Indonesia memang paling banyak ragamnya dan tentunya enak sekali.
Saya suka sekali Masakan Padang, salah satunya Gulai Tunjamg ini atau Gulai Kikil.
Dulu ga kebanyang bisa makan atau bikin sendiri Gulai Tunjang ini, maklum belum tau beli dimana dengkul atau kaki sapi.
Tapi sejak sering belanja di Toko daging Turki, saya kok lihat ada sesuatu yang ga asing lagi buat perempuan yang suka ke pasar.

Mata beberapa kali tertuju sama kaki sapi dan mikir itu kaki sapi kok di jual juga ya?
Waktu bertandang ke rumah teman dan di sajikan kikil cabe hijau, akhirnya tanya beli dimana?
Ternyata oh ternyata, belinya di toko Turki dan bisa di bikin kikil cabe hijau atau gulai.
Akhirnya beli dan minta di potong-potong ukuran sedang, setelah sampai rumah sebelum saya olah, saya simpan di vrieser.

KIKIL TUNJANG

Masakan Padang pasti hampir semua orang suka, suami saya juga suka karena bisa makan-makanan pedas.
Beruntung sekali kan punya suami bule tapi suka makan yang pedas-pedas.
Tapi sayangnya tidak suka Kikil, kalau Rendang dia suka sekali.
Yuuu sekarang kita bahas Bahan & Cara Membuatnya...
Bahan & Cara Membuatnya sudah saya modifikasi.


Bahan yang di butuhkan:


- 1 buah kaki sapi/dengkul sapi (kurang lebih 1kg)
-1 liter air/secukupnya
- 2 kaleng santan (1 kaleng 420 ml jadi total 840 ml, saya pakai santan instan)

Bumbu yang di haslukan:

- 8 butir bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 10 cabe merah besar
- 1 sdt kunyit bubuk/powder
- 2 cm lengkuas atau secukupnya
- 1 sdt kemiri pasta
- garam, gula, penyedap rasa secukupnya
.
- 2 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 1 batang sereh, memarkan
- asam kandis secukupnya
- 1/2 lembar daun kunyit (skip)

Homemade Gulai Kikik Tunjang SariBundo

Beruntung sekali bahan-bahan yang di butuhkan saya punya, walau tidak semua hampir sama setidaknya ada dan komplit.
Santan yang saya pakai santan instan/kemasan, kemiri pakai pasta, kunyit pakai powder.
Walau pada saat pembuatan saya kurang kemiri karena kebetulan habis.
Akhirnya setelah setengah matang saya tunda dulu memasaknya, saya harus beli kemirinya.
Stelah ada baru saya lanjuti masaknya sampai matang.

Cara Membuatnya:

1. Rebus daging/dengkul sapi sampai kira-kira dagingnya bisa di lepaskan dari tulangnya, beri gara, secukupnya lalu tiriskan.
Potong daging kikilnya sesuai selera. Kaldu kaki/dengkul sapi tersebut di sishkan.

2. Tumis bumbu haslus sebentar sampai tercium wanginya, lalu tuang santan 1 kaleng lalu masukan kikil tersebut dan masak sampai agak kering/

3. Masukan sereh, daun salam, daun jeruk, daun kunyit dan asam kandis.

4. Masukan kembali santan sisanya 1 kaleng, masak dengan api kecil sampai santai mengental dan berminyak, cicipi rasanya.

5. Jika sudah pas rasanya, angkat dan siap di sajikan.
Makan dengan keadaan dingin atau hangat sama kok lekkernya.

Lekker hoor...heerlijk banget.


SELAMAT MENCOBA

06 November 2016

MOCHA BUN

HOMEMADE MOCHA BUN

Resep adaptasi dari Ezcoba IG
Modifikasi by LyndaMaitimuYKMK2014

Pertama kali bikin Mocha Bun, dan berhasil...


Pasti senang sekali pertama kali bikin dan berhasil, sebelumnya ga punya niat mau bikin karena ga suka sama jenis roti ini.
Tapi karena mau nyoba ikutan event yang di selenggaran oleh Ezcoba di IG akhirnya saya mencoba untuk bikin.
Lihat resepnya...ya ampun kok bahan-bahannya sedikit-sedikit sih? Secuil kata orang betawi.
Lihat persedian yang ada di dapur saya, akhirnya coba bikin sesuai resep.
Hanya saja beberapa resep saya skip atau saya ganti dengan persedian yang ada.

Setelah jadi ternyata saya terpukau sendiri dengan hasil eksekusi Mocha Bun ini, hasilnya montok, cantik dan rasanyapun tidak mengecewakan...pokoknya enak deh menurut lidah saya.
Dari resep yang pakai hasilnya cuma dapet 5 buah Mocha Bun, ukuran sedang.
Lumayan bisa langsung buat sarapan pagi pada saat itu, setelah tentunya di photo buat ikutan event tersebut.
Tapi Mocha Bun ini enaknya di makan pada saat dalam kedaan hangat atau baru keluar dari oven, toppingnya crunchy, dalamnya lembut.

Resep ini Recomended banget deh, lumayan bisa buat eksekusi selanjutnya...
Tapi dalam resep toppingnya harus dengan pasta mocha, nah pasta yang saya punya kurang main warnanya.
Akhirnya saya coba tambahkan warna negro/corcoal jadi hasilnya agak gelap, seperti terlihat di photo.

MOCHA BUN versi REAL Kitchen NL

Modifikasi topping saya bikin agak beda, jadi unikkan hasilnya.

Resep saya tulis seperti aslinya dengan bahasa Inggris,
hanya saja beberapa bahan yang saya skip atau ganti saya kasih keterangan dalan kurung.
Bahan dan cara membuatnya saya copy paste dari Instagram saya @mom_emmyxander

Bahan yang butuhkan seperti aslinya:

MOCHA BUN
Source @ezcookingbaking

Ingredient:

1. BREAD DOUGH

125 g Hard flour (saya pakai tepung serbaguna)
5 g Milk powder
4 g Yeast
25 g Sugar
2 g Salt
2 g Bread improver (skip) ganti BP 1/2 sdt
25 g Egg
50 g Mineral water
13 g Butter
8 g Margarine (saya pakai roomboter)


2. FILLING
5 cube salted butter (saya pakai roomboter)

3. TOPPING
25 g Margarine (saya pakai roomboter)
30 g Butter
30 g Brown sugar
1 g Salt
45 g Egg White
50 g Cake flour
2 g Coffee powder
1 tsp Hot water
5 g Mocha paste (tambahkan 1 tetes pasta negro/corcoal)


Homemade Mocha Bun Ezcoba IG

Cara Membuatnya hampir sama dengan methode aslinya, hanya saja saya tidak mengikuti cara pengocokan yang di sarankan oleh aslinya.
Harus naikin kecepatan mixer, lalu nurunin lagi kecepatan mixer.

Saya pakai pengocokan dengan speed sedang.
Selebihnya hampir sama dengan methode aslinya.



HOW TO MAKE BREAD DOUGH:


1. Scale all Bread Dough ingredients correctly.
2. Preheated the oven 180°C use fan.

3. Combine all dry ingredient (flour, powdered milk, yeast, sugar and bread improver in the mixing bowl.

4. At the low speed, add the egg into the dry ingredients inside the mixing bow.
5. At the medium speed, add water gradually until the dough become wad.
6. At the high speed, add butter and mix the dough until smooth and elastic.
7. Remove the dough from the mixer.
8. Kneading the dough for 3 times.
9. Make one big dough , place it on the table and cover it with the bowl, rest the dough about 2 minutes.
10. Meanwhile you can start apply the butter into baking pan.
11. Portion the dough with dough cutter 45 gram.
12. Rounded the dough until the surface is smooth and place it on the table, rest the dough about 5 minutes again.
13. Take one round dough, flat them on your palm of your hand, then fill the dough with chilled cube butter and close it.
14. Fermented it in the proofer machine for 45 minutes.
15. Topping the surface the bread dough with your topping mixture.
16. Bake it about 15-20 minutes until completely baked.

HOW TO MAKE TOPPING MIXTURE:

1. Scale all topping ingredient correctly.
2. At the medium speed, combine margarine, butter, brown sugar and salt in on mixing bowl. Add the egg white into mixture and mix well.
3. Change the speed to low speed, add cake flour, mocha paste and coffee.

Topping sudah saya modifikasi 2 warna. (Lihat photo di bawah ini)



SELAMAT MENCOBA

Basic Pizza_Spaghetti Sauce

Basic Pizza_Spaghetti Sauce
source Lynda Maitimu Timman

Homemade Pizza_Spaghetti Sauce

Panen Tomat cherry dari kebun sendiri lumayan banyak.
Hampir tiap hari petik tomat waktu belum cuaca dingin.
Walau sudah dingin juga, tetap tomatnya masih tumbuh berbuah lumayan tapi merahnya lama.

Nah saking banyaknya bingung mau di buat apa, google dapet resep sauce pizza tapi juga bisa buat spaghetti.
Resep kalau ga salah waktu itu dari allrecipes, karena resepnya mudah jadi hanya hafal di luar kepala.
Pokonya hafal deh, dan juga beberapa bahan saya punya, maka jadilah sebagian di buat sauce.
Sebagian di buat sambel tomat terasi, sebagian potong2 buat topping pizza.

Basic Pizza_Spaghetti Sauce

Semua ukuran bahan yang saya pakai di kira-kira saja sih...
Tidak pakai ukuran pastinya berapa?
Kalau ga salah tomatnya sekeranjang plastik kira-kira 500 gr lebih.
Nah di bawah ini bahan-bahan yang di butuhkan.

Bahan-bahannya:

- Tomat Cherry
- Bawang Putih, cincang
- Bawang Merah, cincang
- air kaldu
- olive oil
- garam, merica
- gula pasir
- oregano kering
- basil leaves/kemangi

-wadah toples plus tutupnya, sterilkan/masak/rendam air panas

TOMATOES CHERRY

Cara Membuatnya:

Methods all in one

1. Semua bahan masukan dalam wadah, masak sampai matang

2. Setelah matang dinginkan, lalu saring sauce tersebut.

3. Karena pakai tomat cherry, jadi tomatnya tidak saya kuliti/kupas. Tinggal saring saja.

4. Sauce ini juga bisa di pakai sebagai sauce Spaghetti, tinggal tambahkan bahan yang di perlukan.

5. Masukan kulkas, bertahan kurang lebih seminggu, Mudah bukan buatnya...


SELAMAT MENCOBA

28 October 2016

TUMIS TEMPE TAUGE

Homemade TUMIS TEMPE TAUGE
source Lynda Maitimu Timman


Ini makanan sederhana tapi paling enak sedunia...
Dunianya REAL Kitchen NL loh...

Tumis Tempe Tauge...lekker punya.

Ini makanan yang paling mahal buat saya, secara buat beli tempe dan tauge-nya saya harus ke Rotterdam markt dan Oriental.

Harga tempenya juga mahal, ga tiap saat kita bisa makan tempe atau tahu.

Tidak seperti di tanah air sendiri, tinggal panggil tukang sayur (suami saya bilang supermarket dorong).

Juga untuk dapetin tauge saya kudu hunting ke pasar Rotterdam.

Nah biasanya kalau hari sabtu setelah anter anak-anak Renang, baru deh kita langsung menuju ke Markt Rotterdam.
Lumayan dapet tauge yang bagus, yang jual orang Suriname. Nah belanja di kios Suriname ini banyak yang bisa saya dapatkan seperti bumbu masak: jahe, lengkuas, sereh, daun salam, daun pandan...dan banyak lagi.
Pokoknya apa yang di jual di Indonesia bisa juga kita dapatkan di kios orang Suriname ini, walau tidak semuanya.

Beruntung punya suami yang mulutnya orang Padang...hihihi:) Suami saya suka pedas jadi tidak kesulitan jika harus masak pakai cabai atau sambal.
Dia juga suka coba-coba makanan Indonesia walau dia sendiri tidak tau apa itu, yang penting bagi dia di coba saja.
Kalau enak saya bisa tau dia akan tambah, dan jika kurang begitu suka cukup sekali saja dan tidak mau lagi.

Nah kalau anak-anak saya kurang begitu suka tempe yang di buat seperti ini, pernah tempe saya buat mendoan kering...eh ternyata anak-anak mau makan.
Tapi lucunya makannya pakai mayones...hihihi:)
Mendoan Tempe Kering Compeni, makannya pakai mayones plus mosterd...

Asal mereka suka, sayapun ikut senang...
Heerlijk Mom...

TUMIS TEMPE TAUGE...heerlijk.

Ga ada matinya deh, makan tempe tumis tauge ini...
Makan pakai nasi anget plus sambel terasi...bikin nambah teruusss...
Sambel trasi versi saya, besok-besok saya posting juga ya.
Sambel Trasinya pakai tomat cherry loh...


RESEP TUMIS TEMPE TAUGE

Bahannya:


- 1 zak/bungkus Tempe, potong sesuai selera
- Tauge 50 gr atau secukupnya
- 2 cabe merah besar, iris halus
- 2 cabe rawit merah, iris halus
- 2 bawang merah, iris halus
- 2 bawang putih, iris halus/geprek
- daun salam, lengkuas geprek secukupnya
- minyak goreng secukupnya untuk menumis (saya pakai olive oil)
- garam, penyedap rasa, kecap manis secukupnya

TUMIS TEMPE TAUGE (T3)

Cara Membuatnya:

1. Tempe goreng sebentar, angkat & tiriskan.

2. Tumis: bawang merah, bawang putih, cabe, lengkuas, daun salam sampai harum.

3. Masukan tempe lalu aduk-aduk perlahan, biar tidak kering tambahkan air sedikit demi sedikit.

4. Beri garam. penyedap rasa (saya pakai maggy blok), kecap manis.
Aduk-aduk sampai tempe sudah di rasa matang.

5. Terakhir masukan Tauge-nya, tumis sebentar agar tauge tetap segar jangan terlalu lama memasaknya.
Angkat dan siap di sajikan.

Lekker banget...

SELAMAT MENCOBA

13 September 2016

KUE KAMIR

KUE KAMIR
source LYNDA MAITIMU
Ini pertama kalinya saya bikin Kua Kamir
Bangga banget bisa bikin sendiri...

Dulu taunya kalau Kue Kamir ini berasal dari Purwokerto.

Tapi aslinya berasal dari mana, saya sendiri kurang tau?
Yang saya tau dulu kenalnya dan makannya pertama kali di Purwokerto, jadi saya pikir berasal dari Purwokerto.
Entah dari mana asalnya, yang saya tau ini enak banget. Khas banget ada rasa tapenya.
Wanginya juga khas, dulu kalau beli suka yang bisa lihat waktu bikinnya.
Atau lari pagi2 lalu cari tukang kue kamir, ah jadi ingat waktu di Pwt.
Atau beli di Ibu Tenong (Ibu-ibu yang jualan jajanan yang di pikul/tenong)
Pokoknya Kue Kamir ini bikin kangen, akhirnya bisa makan Kue Kamir lagiiii...
Bikinan sendiri pulaaaa...

Nah kebetulan di Group YKMK2014 (Your Kitchen My Kitchen) ada Challenge yang themanya Jajanan Pasar Indonesia dan harus mempergunakan cetakan dan cetakannya musti ada di dalam photo tersebut.
Lihat beberapa teman sudah setor, saya sendiri belum setor. Mau bikin apa ya?
Nah lihat Mba Masita (member Group YKMK2014) bikin KAMIR, lalu saya terpikir juga mau bikin Kue Kamir ini.

Sebelum bikin Kue Kamir ini saya lihat dalam resep ada tapenya, kebetulan punya tape (di kasih teman) tapi di vrieser, lalu saya keluarkan dulu tape tersebut sampai bisa di pergunakan.
Tapi mau bikin maju mundur, kerena perhatikan resepnya ternyata adonan harus di inapkan 9 jam.
Akhirnya tunda lagi deh bikinnya, tape masukin kulkas lagi.
Nah kemarin malam (12 Sept 2016) langsung saya bikin adonannya.
Dan setelah jadi lalu saya inapkan kurang lebih 9 jam, tapi saya lebh dari 9jam loh...

Maka jadilah KUE KAMIR Pertama saya, resep hasil modifikasi dari resepnya Mba Masita.
Hanya saja saya pakai setengah resep. Dan beberapa bahan ada yang saya tambah dan ada yang saya kurangi atau saya ganti.

Pagi2 sambil urus anak2 sekolah, saya panggang adonan Kue Kamirnya.
Setelah jadi adonan pertama 7 buah, langsung deh nyoba nyicipin...eh si kakak Emmy ternyata minta juga.
Jadilah kita sarapan pakai Kue Kamir, begitu juga Papanya EA...
Ternyata oh ternyata mereka suka dan bilang lekker Mom...ah seneng dengarnya.
Tapi Alexander tetap minta wafel.
Next time bikin Wafel Kamir...hihihi:)

KUE KAMIR ala REAL Kitchen NL
untuk CHALLENGE-15 Group YKMK2014
#Challenge15_JPI_YKMK2014.
#lyndamaitimu
#LM24Photography_NL
#LM24FoodPhotography

Untuk resep asli KUE KAMIR ini bisa lihat di Group Kuliner YKMK2014
Resep punya Mba Masita Syofyan (adaptasi dari Resep Sugu Bae)
Hanya dalam resep ini, saya mempergunakan setengah resep.
Dan ini resep dari hasil eksekusi saya:

Bahan yang di butuhkan dalam resep saya ini:
Bahan2nya:
- 350 gr tape singkong, haluskan
- 150 gr gula pasir
- 350 tepung terigu
- 3 kuning telur (dalam resep asli juga 3, jadi tidak saya kurangi)
- 1 sdt Baking Soda
- garam secukupnya
- 150 ml margarine, lelehkan (saya pakai Roombotter)
(dalam resep asli juga sama, jadi tidak saya kurangi)
- 1 sdt vanili bubuk (dalam resep asli tidak mempergunakan)
- 500 ml air matang (air tawar)

Beberapa bahan saya kurangi, tambahi dan ada yang saya ganti.
Jadi saya sesuaikan dengan eksekusi saya dalam resep ini.
Rasa hampir sama dengan Kue Kamir yang saya makan sewaktu di Pwt.
Hanya saja dalam resep Kue Kamir yang saya bikin ini setelah dingin tetep lembut dan tidak kering.
Padahal beberapa bahan saya sesuaikan dengan resep aslinya.

CARA MEMBUAT KUE KAMIR versi REAL Kitchen NL

Cara Membuatnya:

1. Campur Tape yang sudah di haluskan dengan garpu dengan gula pasir, dalam wadah dan campur rata.

2. Masukan tepung terigu, Baking Soda, garam dan masukan air sedikit demi sedikit.

3. Masukan kembali kuning telur, lalu margarine dan aduk sampai rata. Saya mempergunakan Staf Mixer untuk mengaduknya, biar adunan tercampur dengan rata dan menghasilkan adonan yang mengkilat.

4. Lalu wadah di dengan tutup dan diamkan selama kurang lebih 9 jam.
Saya lebih dari 9 jam, karena harus urus krucil2 ke sekolah.

5. Panaskan cetakannya terlebih dahulu, dan oleso dengan margarine. Dan adonan siap di masukan/tuang.
Tuang 3/4 adonan saja dari lobang cetakan yang anda pakai.
Saya pakai cetakan kue lumpur.

6. Masak sampai kecoklatan, lalu balik dan panggang sampai bagian yang lain juga agak kecoklatan.

7. Angkat dan siap di sajikan, selagi hangat juga enak langsung di makan.

8. Jika sudah dingin bisa panaskan kembali di microwave, dan sajikan dengan taburan keju parut.
Lekker...heerlijk hoor.

SELAMAT MENCOBA

28 August 2016

MINI PIZZA BACON PINEAPPLE

MINI PIZZA BACON PINEAPPLE
source: Lynda Maitimu

Masih punya adonan Pizza bikin sendiri yang saya taruh di vrieser, lalu kepikiran bikin pizza mini saja. Selain mudah dan cepat saji. Karena krucil2 juga minta pizza.
Nah toppingnya saya sesuaikan isi kulkas dan kebetulan punya bacon (non halal) dan nanas.
Kasih nanas biar rasanya ada seger2nya, karena cuaca sedang panas sekali jadi cocok juga pizza kasih buah segar.

Untuk toppinya bisa di sesuaikan selera anda saja.
Kadang saya kasih toppingnya paprica, salami, mayones.
Lumayan buat cemilan kita di rumah, dua kali hap dan habis, lalu mau tambah lagi...lagi dan lagi,
Resep Pizza Crust-nya saya pakai dari Pizza Crust
Topping-nya tinggal di sesuaikan saja.

Simples Recipes Mini Pizza Bacon Pineapple

Kulit pizzanya saya pakai dari HawaiiĆ”n Pizza

Toppingnya tinggal menyesuaikan saja yaaaa...

Saya pakai yang ada persediaan di kulkas dan dapur saya, toppingnya:
bacon, nanas (kalengan), saus tomat (siap pakai), keju, mayones dan mozarella.

Mudah bikinnya dan cepat habis, buat keluarga kita bisa sajikan sesuai selera keluarga anda saja.
Ini cepat saji dan cepat habis...

SELAMAT MENCOBA

20 August 2016

CHOCOLATE RAISINS MUFFINS

CHOCOLATE RAISINS MUFFINS
Source:Lynda Maitimu

Ini bikinnya sudah lama sekali, tapi akhir-akhir ini lagi malas nge'blog juga malas nulis plus motret.
Jadi biar Blog ga sepi lama banget, saya ambil foto yang ada di documen.
Biasanya saya paling suka motret pakai background putih, tapi dalam foto ini saya coba pakai hitam.
Ternyata ribet juga, tapi buat saya kalau ga coba saya ga pernah tau.

Nah sekarang kita ngobrol Resep Choco Muffins ini dulua ya:

Bahan yang di butuhkan:

- 250 gr tepung serba guna
- 2 telur ayam
- 100 gr gula pasir halus (castor)
- 1 sdt vanili bubuk
- 200 ml susu cair
- 100 ml sirup appels
- 3 sdm minyak sayur
- 50 gr margarine leleh
- 200 chocolate batang (iris tipis)
- 2 sdm chocolatr bubuk
- 50 gr kismis (secukupnya)
- papercups secukupnya

Cara Membuatnya:

1. Panasnya oven kurang lebih 175*c.

2. Pakai Methode All in one saja, caranya:
Kocok telur, gula, vanili setelah tercampur rata masukan tepungnya, lalu masukan susu, sirup, minyak+margarine aduk rata.

3. Terakhir masukan chocolate irisnya+chocolate bubuknya juga kismisnya, aduk rata dengan mempergunakan spatula sampai adonan tercampur rata.

4. Siapkan papercups-nya dan isi dengan adona tersebut kurang lebih 3/4 bagian.

5. Siap di oven/panggang sampai matang, kurang lebih 30- 45 menit, tandanya muffins tersebut mengeluarkan bau harum.

6. Dinginkan dan siap di sajikan, untuk mempercantik bisa juga kasih taburan gula halus atau dengan ice cream.
Selamat Menikmati...

SELAMAT MENCOBA

31 July 2016

OMA's CRUMBLE APPELTAART

OMA's APPELTAART
source: Lynda Maitimu

Setiap Keluarga di NL pasti sudah tidak asing lagi dengan cake/taart satu ini.
Ini resep turun temurun dari keluarga suami saya dan keluarga-keluarga di Belanda, biasanya dulu cuma bisa beli karena lebih praktis.
Tapi beberapa tahun lalu saya coba untuk membuatnya sendiri.
Dan ini resep hasil beberapa kali coba.

Wangi dari kayumanis dan rempah yang ada di adonan appeltaart ini mempunya ciri khas tersendiri.
Lalu karena perkembangan jaman maka isiannya yang biasanya cuma appel dan kismis, maka sering kali kita menemukan isian yang beraneka ragam. Ya sesuai selere saja.

Dordst Oma's Appeltaar

Juga toppingnya atau bagian penentupnya bisa kita variasikan dengan crumble, dan yang pasti taart ini juga lekker rasanya karena mempergunakan roombotter/butter yang terkenal itu.
Dalam setiap cake atau cookies asli belanda yang saya bikin, saya selalu mempergunaan roombutter.
Walau bisa di ganti dengan margarine tapi wangi dan rasa-nya tentu berbeda.
Oleh sebab itu saya selelu sedia roombutter di kulkas untuk bikin cake /cookies atau untuk kebutuhan setiap hari buat makan dengan roti.

Bahan-bahan yang di butuhkan dalam membuat Appeltaart ini:

Bahan:


- 200 gr roobbotter (bisa ganti margarine)
- 200 gr gula pasir
- 400 gr tepung zelfrijsend
- 1 telur ayam, ukuran sedang
- 1/2 sdt vanilla bubuk
- garam secukupnya
- 1 kg apple (saya pakai yang appel yang manis asam)
- 100 gr kismis
- 75 gr gula pasir
- 1 sdm kayu manis bubuk
- 1/2 sdt spekkoek bubuk

Cara Membuat Oma's Appeltaart:

Cara Membuatnya:

1. Kocok roombotter, gula pasir, vanilla bubuk, telur dan garam.
Sampai adonan putih pucat atau tercampur rata.

2. Sisihkan beberapa sendok adonan botter, sisihkan.
Untuk toppingnya aku pakai crumble.

3. Potong2 appel sesuai selera saja, lalu masukan gula pasir, kayu manis, spekkoek, kismis aduk rata, sisihkan. Diamkan 10 menit taruh dalam kulkas.

4. Campur botter dengan tepung aduk merata, sampai adonan dapat di pipihkan.
Bentuk atau padatkan pada loyang appletaart tahan panas/pirex, sampai wadah tertutup dengan merata. Jangan tipis tapi juga terlalu tebal.

5. Tusuk2 adonan, lalu masukan applenya susun dengan merata.

6. Lalu bagian atasnya taburi dengan crumblenya, tutup dengan merata.
(lihat foto saya)
Cara membuat crumble-nya hanya mencapurkan botter dengan terigu tapi tidak di pulung/tekan, hanya di tusuk2an dengan garpu sampai menyerupai butiran krikil.

7. Adonan siap di oven/panggang, dengan temperratur 150 derajat-C, kurang lebih 30-60 menit.
Sampai adonan kecoklatan dan mengeluarkan bau harum.

8. Keluarkan dari Oven dan dinginkan, siap di sajikan dengan wipping cream atau ice cream, selera saja.

SELAMAT MENCOBA

21 July 2016

CAKE CAPPUCCINO (Cake Potong)

CAKE CAPPUCCINO
source: Lynda Maitimu Timman

(Cake Potong)
Simple Cake...lekker...delicious...

Cake Potong

Cake yang simple, lumayan bisa buat teman minum teh/coffee...
CAKE CAPPUCCINO (Cake Potong)
.
BAHAN2nya:
.
- 4 butir telur ayam ukuran sedang
- 150-200 gr gula pasir (jika kurang manis tambahkan lagi)
- 200-250 gr tepung terigu
- 100 ml susu cair (suhu ruangan)
- 100-150 ml margarine
- 1 sdt vanili bubuk
- 2 sdm coppucino bubuk

CARA MEMBUATNYA:
.
1. Kocok telur, gula, vanili sampai mengembang.
2. Masukan tepung terigu, susu cair, margarine, kocok dengan mixer (kecepatan rendah), matikan mixer.
3. Ambil beberapa sendok adonan campurkan cappuccino, sisihkan.
4. Masukan adonan biasa, tuang dalam loyang kotak (20-20 cm) yang sudah di olesi margarine & alasi dengan kertas roti.
5. Tuang juga adonan cappuccino-nya, motif sesuai selera.
6. Dan adonan siap di panggang/oven dalam temp 150*c
7. Setelah matang, dinginkan dan potong-potong, lekker buat teman minum teh.
SELAMAT MENCOBA

28 June 2016

KOLAK Pisang-Ubi-KolangKaling

KOLAK PISANG-UBI-KOLANGKALING
Edisi Hidangan Buka Puasa, yang manis-manis


 +Your Kitchen My Kitchen

Ramadan identik dengan Kolak...

Mungkin itu hanya berlaku di negara saya saja.
Walapunn saya tidak merayakan atau menjalankan ibadah puasa, tapi tetep yang namanya bikin kolak hampir pasti bikin.
Kalau dulu sering banget bikin, nah sejak di Belanda cuma pas puasa saja saya bikin.
Hitung-hitung mengobati rasa kangen kampung halaman.

Nah kebetulan di Group YKMK2014 Instagram Instagram @ykmk2014

sedang mengadakan Event GiveAway, jadinya saya juga ingin ikut meramaikan juga loh...
Themanya Hidangan Buka Puasa yang manis-manis, nah kolak inikan juga manis.
#lyndamaitimu
#LM24Photography_NL
#LM24FoodPhotography
#imakes_itakes

Semua pasti sudah tau kan resepnya...
Dalam foto ini saya mempergunakan bahan-bahannya di kira-kira saja.
Tidak pakai ukuran pasti, karena yang makan saya sendiri jadi bikinnya tidak terlalu banyak.
Maklum suami dan anak-anak saya tidak suka makanan ini.
Dan ini resep yang di kira-kira saja atau secukupnya:

Bahan-bahn yang di butuhkan:

- pisang raja
- ubi kuning
- kolang kaling (kemasan kaleng)
- air secukupnya
- santan (kemasan kaleng)
- gula merah
- kayu manis
- garam, gula pasir

Cara Membuatnya:

1. Masak gula merah/jawa dengan air secukupnya, setelah larut saring dan sisihkan.

2. Masak ubi yang sudah di cuci bersih dengan air secukupnya dan potong kotak atau selera saja, sampai setengah matang saja.

3. Masukan potongan pisang, lalu masukan santan, air gula jawa, kayu manis. garam, gula. Masak sampai matang.

4. Terakhir masukan kolang-kaling atau taburi pada saat ingin di makan.
Karena kolang-kaling yang saya pakai adalah kolang kaling sipa pakai dan sudah manis.

5. ajikan dalam keadaan hangat atau bisa dengan es batu, sama enaknya kok.

SELAMAT MENCOBA

Dalam Foto ini, saya bikin 3 foto dengan versi yang beda.

Coba perhatikan apa yang membedakan ke3 foto di atas?
Biasanya kalau saya motret makanan, selalu jepret tidak hanya sekali tapi beberapa kali.
Yang nantinya bisa saya pilih, yang mana mau saya publish.

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa bagi yang menjalankan...

^^_^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)