19 March 2017

POTATOES BEEF BALL CHEDDAR


POTATOES BEEF BALL CHEDDAR
(Aardappelen Rundvlees Ballen)
Mijn eigen Recept
source #REALKitchenNL

BOLA_BOLA KENTANG GADING SAPI isi Keju CHEDDAR
Ide muncul dengan sendirinya, dari sisa kentang rebus jadi sesuatu yang lezat.

Potatoes Beef Ball Cheddar ini semacam Perkedel kalau di Indonesia.
Tapi beda karena isiannya juga beda, bahannya pun sedikit beda.
Tapi kalau rasa menurut saya ini lebih uenak banget, rasa kejunya dan susunya yang bikin lekker.

OLAHAN KENTANG REBUS
Memanfaatkan sisa kentang rebus maka jadilah PBBC.

Biasanya seminggu dalam beberapa hari kami makan kentang rebus, makanan hari-hari orang Belanda.
Dulu waktu pertama kali sih rasanya aneh saja, makan kentang seperti makanan nasi.
Karena kentang menjadi makanan utama suami saya, mau tidak mau sayapun harus menyesuaikan.
Tapi karena saya tidak bisa tiap hari harus makan kentang rebus, lalu saya cari ide untuk bikin kentang dengan versi saya sendiri.
Nah biasanya sisa kentang rebus tersebut saya bikin sesuatu buat cemilan atau snack.
Salah satunya Potatoes Beef Ball Cheddar ini.

Olahan Kentang versi Lynda Maitimu

Nah orang Belanda kalau makan kentang rebus lauknya cuma daging sapi/babi atau sosis yang di grill/panggang atau di masak biasa.
Dan sayurannya biasanya saya pilih Rode Kool yaitu irisan kol merah di campur dengan apel.
Karena anak-anak saya juga suka, mungkin ada rasa apelnya.
Jadi ada rasa sensasi asem manisnya yang bikin mereka mau.
Tapi selama ini sih saya cuma beli di supermarket, belum pernah bikin Rode Kool.
Mungkin lain waktu perlu di coba.

Ini bukan BITTERBALLEN yaaa...

Karena Bitterbalen asli Holland tidak mempergunakan kentang.
Kalau ada bitterballen yang beredar selama ini mempergunakan kentang atau isian lain, saya rasa mereka cuma menamakan saja karena bulatan tersebut seperti Bitterballen.
Ntah mau kesannya lebih kebarat-baratan, atau biar keren.
Tapi biar tidak salah kaprah menamakan Kuliner Luar, kita harus juga memperhatikan kebenarannya.
Setidaknya mencari tau Apa Nama Kuliner tersebut dan resepnya sama tidak.
Jadi jangan main menamakan saja, padahal SALAH KAPRAH.
Please be smart...

Sekarang kita bahas Resep dan Bahan-bahan dari PBBC
Sebenarnya bahan-bahannya tanpa takaran pasti, karena waktu membuat hanya mengira-ngira saja.
Tapi saya kasih takaran kira-kira saja . . .

Bahan-bahanya:

- 250 gr Kentang Rebus, tiriskan sampai tidak mengandung air
- 250 gr daging sapi giling
- 2 butir telur ayam
- 1 sdt cream cheese
- 1 sdm susu bubuk
-  50 gr keju bubuk/ keju parut
- garam, merica secukupnya
- penyedap rasa royko secukupnya
.
- cheese cheddar secukupnya, untuk isian
- Tepung panir secukupnya
- Telur ayam kocok lepas, buat balutannya
- Minyak untuk menggoreng

Hhhhhmmm ternyata rasanya enak banget, rasa keju cheddar yang meleleh itu bikin mau nambah terus.
Mau coba resepnya silahkan, semoga bermanfaat buat yangsudah  mampir ke Blog saya.
Searang kita lihat Cara Membuatnya...

Cara Membuatnya:

1. Haluskan kentang rebus, tidak perlu sampai halus banget loh, sishkan.

2. Tumis/masak daging sapi sebentar saja, jangan terlalu lama ya.
Biar dagingnya tidak mengeluarkan minyak.
Bisa juga tidak perlu di masak, langsung di campur saja.

3.Campur kentang, daging giling dan bahan lainnya sampai merata.

4. Lalu bulatkan dan isi dengan cheddar, bulatkan kembali.
Lakukan sampai adonan kentang habis.

5. Lalu bulirkan ke telur ayam, masukkan ke dalam tepung panir.
lalukan sebanyak 2 kali, biar adonan padat.

6. Siapkan untuk di goreng, goreng sampai kecoklatan dan angkat.

7. Potatoes Beef Ball Cheddar siap di sajikan dengan sambal botol.
Atau bisa juga di santap dengan mayones.


SELAMAT MENCOBA

14 March 2017

BAKSO TENIS

BAKSO TENIS
source #REALKitchenNL

Resep aslinya saya pakai Resep dari blog saya dengan judul
BASO SAPI REALKitchenNL
Tapi dalam resep ini pastinya saya tambahkan isian Telur Ayam Rebus.
Juga saya kasih nama BAKSO TENIS, karena dulu saya taunya kalau makan Bakso yang besar-besar itu
di kasih nama Bakso Tenis karena memang besarnya sebesar bola tenis.

Saya juga bikin BAKSO TELUR PUYUH, photo dan resep menyusul yaaa...

BAKSO TENIS versi Lynda Maitimu

Dalam resep BAKSO TENIS ini ada beberapa bahan yang saya skip,
karena menyesuaikan selera anak dan juga bahan yang ada di dapur.
Kebetulan anak saya kurang suka kalau bakso ada rasa bawang gorengnya.
Jadi bawang goreng saya skip, soda kue tidak pakai lalu selebihnya masih sama dengan resep aslinya.
Oh ya karena isinya ada telur rebus jadi pada saat membentuk bulatan tidak bisa serapi seperti baso sebelumya.
Dan pada saat bikin baso sebelumnya saya juga memakai sarung tangan elastis jadi bentuknya cantik dan mulus.
Pada saat bikin Bakso Tenis ini sarung tangan-nya sudah habis, karena model sekali pakai langsung buang.
Walau tidak secantik dan semulus seperti Baso sebelumnya, mengenai rasa tetap uenak.

Mau tau resepnya bisa langsung klik disini
Maaf saya tidak tulis ulang lagi resep yang sekarang ini, karena pada dasarnya hampir sama kok...
Silahkan di coba jika berkenan dan semoga bermanfaat buat semuanya yang mampir ke Blog saya ini.

Caption di bawah ini dari Instagram saya @mom_emmyxander
dan juga saya posting di Group YKMK2014

#PostingHarian_YKMK2014
.
BAKSO TENIS (isi telur)
source #REALKitchenNL

#imakes_itakes
#LyndaMaitimu
#LM24Photography_NL
#LM24FoodPhotography
@ykmk2014 #ykmk2014
#ykmk2014_recipes

+Your Kitchen My Kitchen 
.
Resep masih pakai Resep andalan dari blog saya sendiri.
.




@mom_emmyxander•
BAKSO TENIS (isi telur)
source #REALKitchenNL
Resep masih pakai Resep andalan dari blog saya:
.
Bikin sendiri, makan sendiri, habisin sendiri...yang 3 orang dalam rumah cuma nonton soalnya mereka ga suka bakso yang ada telurnya.
Duh Mamanya lidah ndeso banget, lagi kangen sama bakso kampung, baksonya abang2 langganan yang sering lewat depan rumah.
Ternyata oh ternyata, mereka ber3 kurang suka Bakso yang ada telurnya...hiks.
Padahal bikin 1kg daging sapi, bikin yang pakai telur ayam & telur puyuh.
Yang pakai telur puyuh masih mending mereka mau makan walau cuma 2 Bakso dan ga nambah.๐Ÿ˜ณ

.Masa tiap hari makan Bakso, blenger juga ya?
Mau masukin freezer ga mungkin karena ada telurnya. Akhirnya si doggy makan bakso juga...hihihi:)๐Ÿถ๐Ÿ˜๐Ÿ˜œ
.

Coba punya tetangga yang mau makan Bakso juga, pasti saya undang makan...

Bagitu lah cerita emaknya EA dengan bebikinannya.
Besok2 nunggu tukang Bakso lewat aja deh...bang bakso mampir sini yaaa...(menghayal tingkat tinggi๐Ÿ˜œ)
.

Atau ada yang mau mampir ke kampung #dordrecht ayo mampir ke gubug saya makan Bakso bareng.

.
Resep & photo lainnya bisa juga lihat di @realkitchennl
#imakes_itakes #LyndaMaitimu #LM24Photography_NL #LM24FoodPhotography




๐Ÿœ๐Ÿฅ๐Ÿฒ♨️

11 March 2017

ES SEMLO

ES SEMLO

by #REALKitchenNL
#imakes_itakes
#LyndaMaitimu
#LM24FoodPhotography

ES SEMLO

Ini pertama kalinya saya bikin, cari di google รคpa saja sih makanan/minuman yang berasal dari Yogya?
Akhirnya penasaran dengan jenis minuman yang ada pisangnya.
Sekilas seperti setup pisang, lalu cari resep yang pastinya ingin saya praktekan.
Saya lihat bebrapa dan akhirnya pakai resep dari Mba Nina.
Hampir semua bahan saya punya, tapi pisangnya saya ganti pisang raja.
Dalam resep Mba Nina ada asem-nya, saya skip.
Juga daun pandan, saya ganti jadi pasta pandan.

Es Semlo ini merupakan hidangan khas Keraton Yogyakarta, kesukaan Sultan Hamengkubuwona IX.
Sekilas nampak seperti setup pisang, namun dalam resep di beri tambahan gula pasir.
Dan rempah-rempah seperti cengkeh dan kayu manis.

Sebenarnya ini di sajikan dengan es batu, tapi dalam photo tidak tampak.
Maklum pada saat di photo masih dalam keasaan hangat, karena baru diangkat dari kompor.
Dan kelamaan jepret sana-sini.
Jadi di sajikan dalam keadaan hangatpun menurut saya juga enak.
Dan dalam keadaan dingin lebih nikmat seperti resep aslinya.
Yu sekarang kita lihat Bahan yang di butuhkan & Cara Membuatnya...

Bahan:

- 4 buah pisang raja, potong-potong
- 750 ml air (secukupnya)
- 100 gr gula pasir (secukupnya)
- 1/2 sdt pandan pasta (optional)
- 5-10 butir cengkeh
- 2 batang kayu manis
- asam kandis (skip)
- 1-2 tetes pewarna merah (saya pakai Wilton)


Cara Membuatnya:

1. Masak/resebus air, gula, pandan pasta,cengkeh, kayu manis sampai gula larut.

2. Masukan potongan pisang, asem(skip) & pewarna makanan. Masak sampai air meletup-letup, matikan kompor dan simpan dalam kulkas.

3. Dinginkan, setelah dingin sajikan dengan es batu atau di dinginkan di dalam kulkas.

4. Disajikan dalam keadaan hangat pun menurut saya juga enak, dalam keadaan dingin juga nikmat.


SELAMAT MENCOBA

28 February 2017

HOMEMADE NOODLES

HOMEMADE NOODLES
source by Lynda Maitimu

First time to making Homemade Noodles
Not so bad lah...totally happy.

#LyndaMaitimu
#lmakes_itakes
#LM24Photography_NL
#LM24FoodPhotography

Kebetulan di Group YKMK2014 tiap bulannya mengadakan thema bulanan.

Nah thema bulan Februari adalah Homemade Noodles.
Ini pertama kali saya buat Mie sendiri, biasanya beli.
Ternyata bikin sendiri juga bisa enak kok.
Juga bisa kasih warna yang kita suka...

Untuk eksekusi Mie ini, saya pakai perbandingan dari berbagai sumber.

Dan rata-rata memang sama atau tidak jauh beda.
Lalu saya ambil 2 resep sebagi perbandingan saja.
Satu resep tanpa ada tambahan air dan satunya lagi mempergunakan tambahan air.
Lalu mulai saya uji coba ternyata dalam resep yang saya eksekusi, saya harus menambahkan air.
Walau jumlahnya tetap beda dengan sumber resep yang ada.

Dari pengalaman saya membuat Mie ini atau mencoba membuat sesuatu memakai resep orang lain.
Biasanya saya tidak harus memakai resep sesuai dengan resep aslinya.
Tinggal bagaimana saya variasikan sendiri, juga menyesuaikan bahan-bahan yang tersedia di rumah.
Walau tidak meleset jauh dari resep aslinya,

Dari perbandingan kedua resep tersebut, ada beberapa bahan yang saya sesuaikan persedian bahan yang ada.
Misalnya: tepung terigu yang saya pakai bukan tepung protein tinggi, tapi tepung serba guna.
Hasilnya tetap bagus kok. Jumlah yang saya pakai lebih banyak.
Selebihnya tinggal lihat Bahan-bahan di bawah ini...

Pertama kali bikin malam hari, hasilnya memuaskan sekali.
Sayangnya ga dapet cahaya yang menunjang jadi photonyapun kurang memuaskan.
Lalu esok harinya saya bikin lagi, dan langsung di photo biar rasa malesnya ga masuk...hihihi:)
Saking senengnya berhasil eksekusi yang pertama, lalu selanjutnya bisa dengan 3 model Mie.
Hasilnya bosa lihat di photo-photo hasil jepretan saya.
Ada Mie biasa, Mie Kriting dan Kwie Tiaw.
Hanya saja saya hanya kasih 1 warna dan itupun pakai pewarna makanan

Sekarang mau taukan Resep HOMEMADE NOODLES versi saya.

HOMEMADE NOODLES Versi @mom_emmyxander

Bahan yang di butuhkan:

- 250 gr tepung terigu serba guna
- 1 sdm tapioka
- 2 telur utuh, plus 1 kuning telur
- Air matang di kira-kira saja (saya 40 ml)
- garam secukupnya
- pewarna makanan (merk Wilton)

Alat: Pasta Bike atau Pisau

Simple Resep HOMEMADE NOODLES versi saya...
Cara Membuatnyapun mudah sekali...

Cara Membuatnya:

1. Camur semua bahan, bikin lubang di tengan tepung.

2. Lalu masukan telur, garam, campur dengan merata (tidak perlu kalis)

3. Bari air sedikit demi sedikit sampai adonan tercampur rata dan menyatu.

4.Bagi adonan menjadi 2, satu adonan netral dan adonan lainnya di beri warna (sesuai selera)

5. Adonan siap di giling, dengan ketebalan yang anda kehendaki.
Karena saya pakai Pasta Bike jadi stel ukuran tebal lalu stel lagi ke sampai ukuran tipis.
(di sesuaikan ketebalan yang anda inginkan)

6. Taburi tepung terigu Mienya bisar tidak lengket/menyatu.
Ada juga yang saya gantung dengan stok pangsit, biar hasulnya bagus.

7. Terakhir adonan siap di pergunakan untuk Mie Goreng, Mie Ayam, atau mie lainnya.

Untuk hasil Olahan Mie ini, tunggu photo selanjutnya ya...

SELAMAT MENCOBA

20 February 2017

K R E M E S A N

K R E M E S A N

by LYNDA MAITIMU

KREMESAN GURIH RENYAH  dan BERSARANG

@mom_emmyxander
#imakes_itakes
#LyndaMaitimu
#LM24Photography_NL
#LM24FoodPhotography

source by @Tintinrayner (IG)
Recook by @mom_emmyxander  (IG)

KREMESAN GURIH RENYAH  dan BERSARANG
garing...kriuk-kriuk.

Asli ini renyah banget...pokoknya enak, kriuk-kriuk.
Ini yang ke dua kali saya eksekusi, yang pertama kali bikin Desember 2016.
Langsung berhasil, walau awalnya ga nyakin sama adonannya, kok encer banget ya?
Seperti goreng air kaldu ayam...hihihi:) Maklum pertama kali...

Awalnya saya bikin adonannya langsung di tuang, ternyata kurang bersarang.
Setelah lihat video via youtube, saya langsung praktekkan.
Lalu coba dengan di percikan beberapa kali, kira-kira 4-5 kali percikan.
Caranya dengan mengambil adonan tersebut dengan jari tangan saja, lalu di atas wajan panas di percikan saja adonan tersebut sampai beberapa kali. Tapi harus hati-hati karena percikan minyak itu loh...
Setelah itu adonan di rekatkan biar tidak ambrul, lalu lipat setengah adonan dan lipat lagi atau sesuai selera anda saja.


Tips dari saya:


Saya membalik adonannya hanya 1 kali saja biar tidak berminyak sekali juga tidak ambrul/pecah.
Sebisa mungkin pakai minyak yang baru, biar adonan nantinya tidak berminyak.
Lalu tiriskan di atas saringan, setelah itu tiriskan kembali di atas tisu dapur.
Perhatikan hasilnya deh...

Biar ga penasaran di coba saja, langsung eksekusi deh istilahnya.
Perkara berhasil atau tidak itu urusan belakang...

gimana mau berhasil kalau belum di coba?
Baca resepnya baik-baik, lalu sesuaikan bahan yang ada.
Walau di usahakan resep ga jauh berbeda biar ga salah...
Saya sih di sesuaikan bahan yang ada saja di rumah...

Beberapa bahan yang ada dalam resep aslinya, saya sesuaikan dengan bahan persedian yang ada di rumah saya.
Misalnya tepung sagu, saya ganti dengan tepung tapioka.

Air atau santan, saya ganti dengan air ungkepan/rebusan ayam (buat ayamgoreng).
Bawang Putih saya pakai yang pasta (bentuk cream, kemasan instan)
Baking Powder Double Action, saya ganti BP biasa.

Selebihnya bisa lihat resep di bawah ini ya...

Ini RESEP KREMESAN versi saya...
versi Mba Tintin bisa mampir di gallerynya ya.

Bahan yang di butuhkan:

- 125 gr tepung tapioka
- 2 sdm munjung tepung beras
- 1/2 sdt Baking Powder
- 1 butir kuning telur ayam
- 1 sdt bawang putih halus (2 siung bawang putih)
- garam, penyedap rasa secukupnya
- 200 ml air ungkepan ayam
- 100 ml air matang

Cara Membuatnya:


1. Campur semua bahan dalam satu wadah, kocok merata dengan mempergunakan whisk.

Kecuali BP, mencampur BP-nya terakhir.

2. Panaskan minyak dalam wajan, sambil menunggu minyak panas bisa masukan BPnya, aduk rata.

3. Setelah minya cukup panas, siap percikam adonan kedalam wajan dengan memercikannya beberapa kali (saya 4-5 kali)
Dengan cara mengambil adona tersebut dengan jari tangan dan di percikan secara memutar.

4. Rekatkan adonan agar tidak ambrul, lalu lipat menjadi setengah bangian dan lipat kembali sesuai selera anda saja.

5. Balik adonan cukup satu kali saja, setelah agak kecoklatan angkat dan tiriskan.

6. Setelah itu tiriskan kembali di atas tisu dapur/makan. Dan siap di sajikan...


SELAMAT MENCOBA

06 January 2017

BANANA CAKE EKONOMIS

BANANA CAKE EKONOMIS

Bikinnya cepat, habisnya juga cepat...
Harumnya seisi rumah waktu Cakenya mulai mateng
Bau Pisang plus bumbu Spekoek

Lagi-lagi resepnya sudah publish di Insta dan Group YKMK2014

Punya pisang yang sudah gelap kulitnya, di buang sayang karena isinya masih bagus.
Jadilah di buat Banan Cake Ekonomis ala kadarnya, intip isi dapur langsung deh nguprek sebentar sebelum jemput krucil-krucil...
Motretnya juga kilat tralaaaa jadi deh, makanya ga banyak photo yang di posting disini.

.
BANANA CAKE EKONOMIS
Source #LyndaMaitimu
________
Bahan A:
-125gr tepung terigu
- 1 sdm susu bubuk
- 1/2 sdt bubuk vanilli
- 1/2 BP
.
- 1 sdt bubuk spekoek
- 1/2 sdt coklat bubuk (ayak, sisihkan)
.
Bahan B:
- 75 gr gula (jika kurang mains bisa tambahkan)
- 2 butir telor ukuran sedang
- 1/2 sdt xp/ovalet
.
Bahan C:
- 100-150 gr (sekitar 2 buah pisang matang, haluskan)
- 100 gr roomboter/butter cairkan
.
Cara membuat:
- kocok bahan B gula, telor dan xp sampai mengembang kental dan pucat

- masukkan bahan A, mixer dengan kecepatan rendah, matikan mixer

- masukkan pisang dan masukan butter cair aduk dengan perlahan dengan mempergunakan spatula.

- ambil adonan secukupnya, lalu campur rata dengan bubuk coklat & spekoek, aduk rata & sisihkan

- tuang adonan dalam loyang (olesi dengan margarin dan tepung)

- tuang adonan coklat spekoek, bentuk sesuai selera.

- adonan siap di oven dengan temperatur 150 derajat c (sesuaikan oven masing2) sampai matang.

- Tes Cake dengan method tusuk memakai tusuk sate.

- Jika tidak lengket dan Cake mengeluarkan harum, siap di keluarkan dari Oven. Siap di sajikan...

- SELAMAT MENCOBA

Baked Macaroni Cream Cheese

Baked Macaroni Cream Cheese
Source: Lynda Maitimu

Macaroni ini buat setor Thema Bulanan di Group YKMK2014
Bikin yang simple dan cepat...
Macaroni bisa juga dengan pesto, tapi suami saya mintanya di bikin dengan cream cheese.
Jadilah saya bikin juga pakai almunium cup...

Ini resep andalan suami saya, tidak perlu di oven juga sudah enak untuk di santap.
Tinggal tambahkan keju parut dan sajikan...
Lekker...heerlijk...
Bon Appetit

Resep saya copas dari Photo resep saya yang sudah publish terlebih dahulu di Group YKMK2014
Jadi belum masuk blog waktu posting resep ini, sekarang baru bisa saya posting disini.

Baked Macaroni Cream Cheese
.
Bahan:


- 500 gr macaroni, rebus setengah matang, sisihkan.
- 300 gr daging cincang
- 50 gr jamur kaleng/instan
- 1 siung bawang bombay, iris halus

- 1 pak bumbu macaroni panggang
- 50 gr tomat sauce
- 200 ml susu cair
- 2 blok maggie
- garam, paper secukupnya
- 250 gr keju parut
- 1 cup cream fraiche

- olive oil secukupnya, untuk menumis
- basilicum secukupnya (optional)

Cara Membuatnya:
.
1. Tumis bawang Bombay sampai harum, dengan olive oil.

2. Masukan daging cincangnya, masak sebentar lalu masukan jamurnya.

3. Lalu masukan lagi 1pak bumbu macaroni instannya, masukan tomat saos aduk rata.

4. Masukan Macaroni yang sudah di rebus, aduk-aduk, tambahkan susu cair, maggie block, paper & aduk kembali.

5. Terakhir masukan crean fraiche (cream cheese), 5 menit sebelum api di matikan masukan keju parut. Sisakan juga untuk bagian atasnya.

6. Bisa tambahkan basilicum jika suka, macaroni ini bisa langsung di sajikan panas2 tanpa harus di oven lagi.

7. Sebagian saya masukan cup alumunimfolie, untuk di masukan ke oven ke'esokan harinya.

8. Sajikan dengan mayones, mosterd atau sambal botol.

SELAMAT MENCOBA



10 November 2016

GULAI TUNJANG SariBundo

GULAI TUNJANG SariBundo

Source: SariBundo MasakanPadang
Modifiasi by REAL Kitchen NL

GULAI KIKIL TUNJANG Masakan Padang

Masakan Indonesia memang paling banyak ragamnya dan tentunya enak sekali.
Saya suka sekali Masakan Padang, salah satunya Gulai Tunjamg ini atau Gulai Kikil.
Dulu ga kebanyang bisa makan atau bikin sendiri Gulai Tunjang ini, maklum belum tau beli dimana dengkul atau kaki sapi.
Tapi sejak sering belanja di Toko daging Turki, saya kok lihat ada sesuatu yang ga asing lagi buat perempuan yang suka ke pasar.

Mata beberapa kali tertuju sama kaki sapi dan mikir itu kaki sapi kok di jual juga ya?
Waktu bertandang ke rumah teman dan di sajikan kikil cabe hijau, akhirnya tanya beli dimana?
Ternyata oh ternyata, belinya di toko Turki dan bisa di bikin kikil cabe hijau atau gulai.
Akhirnya beli dan minta di potong-potong ukuran sedang, setelah sampai rumah sebelum saya olah, saya simpan di vrieser.

KIKIL TUNJANG

Masakan Padang pasti hampir semua orang suka, suami saya juga suka karena bisa makan-makanan pedas.
Beruntung sekali kan punya suami bule tapi suka makan yang pedas-pedas.
Tapi sayangnya tidak suka Kikil, kalau Rendang dia suka sekali.
Yuuu sekarang kita bahas Bahan & Cara Membuatnya...
Bahan & Cara Membuatnya sudah saya modifikasi.


Bahan yang di butuhkan:


- 1 buah kaki sapi/dengkul sapi (kurang lebih 1kg)
-1 liter air/secukupnya
- 2 kaleng santan (1 kaleng 420 ml jadi total 840 ml, saya pakai santan instan)

Bumbu yang di haslukan:

- 8 butir bawang merah
- 6 siung bawang putih
- 10 cabe merah besar
- 1 sdt kunyit bubuk/powder
- 2 cm lengkuas atau secukupnya
- 1 sdt kemiri pasta
- garam, gula, penyedap rasa secukupnya
.
- 2 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 1 batang sereh, memarkan
- asam kandis secukupnya
- 1/2 lembar daun kunyit (skip)

Homemade Gulai Kikik Tunjang SariBundo

Beruntung sekali bahan-bahan yang di butuhkan saya punya, walau tidak semua hampir sama setidaknya ada dan komplit.
Santan yang saya pakai santan instan/kemasan, kemiri pakai pasta, kunyit pakai powder.
Walau pada saat pembuatan saya kurang kemiri karena kebetulan habis.
Akhirnya setelah setengah matang saya tunda dulu memasaknya, saya harus beli kemirinya.
Stelah ada baru saya lanjuti masaknya sampai matang.

Cara Membuatnya:

1. Rebus daging/dengkul sapi sampai kira-kira dagingnya bisa di lepaskan dari tulangnya, beri gara, secukupnya lalu tiriskan.
Potong daging kikilnya sesuai selera. Kaldu kaki/dengkul sapi tersebut di sishkan.

2. Tumis bumbu haslus sebentar sampai tercium wanginya, lalu tuang santan 1 kaleng lalu masukan kikil tersebut dan masak sampai agak kering/

3. Masukan sereh, daun salam, daun jeruk, daun kunyit dan asam kandis.

4. Masukan kembali santan sisanya 1 kaleng, masak dengan api kecil sampai santai mengental dan berminyak, cicipi rasanya.

5. Jika sudah pas rasanya, angkat dan siap di sajikan.
Makan dengan keadaan dingin atau hangat sama kok lekkernya.

Lekker hoor...heerlijk banget.


SELAMAT MENCOBA

06 November 2016

MOCHA BUN

HOMEMADE MOCHA BUN

Resep adaptasi dari Ezcoba IG
Modifikasi by LyndaMaitimuYKMK2014

Pertama kali bikin Mocha Bun, dan berhasil...


Pasti senang sekali pertama kali bikin dan berhasil, sebelumnya ga punya niat mau bikin karena ga suka sama jenis roti ini.
Tapi karena mau nyoba ikutan event yang di selenggaran oleh Ezcoba di IG akhirnya saya mencoba untuk bikin.
Lihat resepnya...ya ampun kok bahan-bahannya sedikit-sedikit sih? Secuil kata orang betawi.
Lihat persedian yang ada di dapur saya, akhirnya coba bikin sesuai resep.
Hanya saja beberapa resep saya skip atau saya ganti dengan persedian yang ada.

Setelah jadi ternyata saya terpukau sendiri dengan hasil eksekusi Mocha Bun ini, hasilnya montok, cantik dan rasanyapun tidak mengecewakan...pokoknya enak deh menurut lidah saya.
Dari resep yang pakai hasilnya cuma dapet 5 buah Mocha Bun, ukuran sedang.
Lumayan bisa langsung buat sarapan pagi pada saat itu, setelah tentunya di photo buat ikutan event tersebut.
Tapi Mocha Bun ini enaknya di makan pada saat dalam kedaan hangat atau baru keluar dari oven, toppingnya crunchy, dalamnya lembut.

Resep ini Recomended banget deh, lumayan bisa buat eksekusi selanjutnya...
Tapi dalam resep toppingnya harus dengan pasta mocha, nah pasta yang saya punya kurang main warnanya.
Akhirnya saya coba tambahkan warna negro/corcoal jadi hasilnya agak gelap, seperti terlihat di photo.

MOCHA BUN versi REAL Kitchen NL

Modifikasi topping saya bikin agak beda, jadi unikkan hasilnya.

Resep saya tulis seperti aslinya dengan bahasa Inggris,
hanya saja beberapa bahan yang saya skip atau ganti saya kasih keterangan dalan kurung.
Bahan dan cara membuatnya saya copy paste dari Instagram saya @mom_emmyxander

Bahan yang butuhkan seperti aslinya:

MOCHA BUN
Source @ezcookingbaking

Ingredient:

1. BREAD DOUGH

125 g Hard flour (saya pakai tepung serbaguna)
5 g Milk powder
4 g Yeast
25 g Sugar
2 g Salt
2 g Bread improver (skip) ganti BP 1/2 sdt
25 g Egg
50 g Mineral water
13 g Butter
8 g Margarine (saya pakai roomboter)


2. FILLING
5 cube salted butter (saya pakai roomboter)

3. TOPPING
25 g Margarine (saya pakai roomboter)
30 g Butter
30 g Brown sugar
1 g Salt
45 g Egg White
50 g Cake flour
2 g Coffee powder
1 tsp Hot water
5 g Mocha paste (tambahkan 1 tetes pasta negro/corcoal)


Homemade Mocha Bun Ezcoba IG

Cara Membuatnya hampir sama dengan methode aslinya, hanya saja saya tidak mengikuti cara pengocokan yang di sarankan oleh aslinya.
Harus naikin kecepatan mixer, lalu nurunin lagi kecepatan mixer.

Saya pakai pengocokan dengan speed sedang.
Selebihnya hampir sama dengan methode aslinya.



HOW TO MAKE BREAD DOUGH:


1. Scale all Bread Dough ingredients correctly.
2. Preheated the oven 180°C use fan.

3. Combine all dry ingredient (flour, powdered milk, yeast, sugar and bread improver in the mixing bowl.

4. At the low speed, add the egg into the dry ingredients inside the mixing bow.
5. At the medium speed, add water gradually until the dough become wad.
6. At the high speed, add butter and mix the dough until smooth and elastic.
7. Remove the dough from the mixer.
8. Kneading the dough for 3 times.
9. Make one big dough , place it on the table and cover it with the bowl, rest the dough about 2 minutes.
10. Meanwhile you can start apply the butter into baking pan.
11. Portion the dough with dough cutter 45 gram.
12. Rounded the dough until the surface is smooth and place it on the table, rest the dough about 5 minutes again.
13. Take one round dough, flat them on your palm of your hand, then fill the dough with chilled cube butter and close it.
14. Fermented it in the proofer machine for 45 minutes.
15. Topping the surface the bread dough with your topping mixture.
16. Bake it about 15-20 minutes until completely baked.

HOW TO MAKE TOPPING MIXTURE:

1. Scale all topping ingredient correctly.
2. At the medium speed, combine margarine, butter, brown sugar and salt in on mixing bowl. Add the egg white into mixture and mix well.
3. Change the speed to low speed, add cake flour, mocha paste and coffee.

Topping sudah saya modifikasi 2 warna. (Lihat photo di bawah ini)



SELAMAT MENCOBA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)