21 October 2013

Fermented Cassava Cake (Cake Tape Singkong)

FERMENTED CASSAVA CAKE
(Cake Tape Singkong)
Masih dengan thema SINGKONG, kalau sebelumnya saya bikin Singkong dipadu dengan Yoghurt.
Kali ini saya buat Singkong Tape dibuat Cake ala saya.

Hihihi...Cakenya sudah mau habis alias habis setengah, baru deh saya ke ingetan untuk mem'foto Cake Tape Singkong ala saya ini...simple resepnya.

Selalu dan selalu...jika pertama kali buat sesuatu, saya selalu tidak serta merta bikin banyak tapi patokan saya hanya mempergunakan 5 butir telur ayam dan bahan lainnya di kira-kira saja.
Jika sudah terbiasa bikin kue/cake pastinya anda akan tau bahan dasar apa yang kira-kira dipergunakan.
Atau pakai acuan resep tetangga dan berkreasi sendiri.
Nah pada dasarnya saya suka coba-coba...kalau berhasil pastinya senang dan bisa praktek dengan bahan yang lebih banyak, tapi kalau tidak berhasil...coba lagi dan lagi.

Seperti halnya Cake Tape Singkong ini...ini hasil coba-coba sendiri, selama tinggal di NL belum pernah saya makan Tape Singkong.
Waktu berkunjung ke rumah teman, pulangnya saya di oleh-oleh'in Tape singkong hasil buatan dia sendiri.
Karena belum tau mau di buat apa, akhirnya tape tersebut saya simpan di kulkas dan sisanya saya simpan di Freezer.
Nah minggu lalu baru kesampaian bikin Cake dengan paduan Tape Singkong.
Di bawah ini saya bagikan resepnya, resep asli hasil coba-coba sendiri...

Berminat dengan resep saya?
Mariiii silahkan...dengan senang hati dapat berbagi.
Bahan-bahannya:
- Tape Singkong 150 gr, haluskan.
- Tepung terigu 50 gr
- Meizena 20 gr
- Susu bubuk 20 gr
- VX/pelembut cake 1 sdt
- TBM/pengembang cake 1 sdt
- Telur ayam ukuran sedang 5 butir
- Gula pasir 75 gr
- Roombotter/margarine cair 175 gr
- Kismis secukupnya, bisa juga tidak pakai
- Keju parut untuk taburan di atasnya.

Cara Membuat:
1. Lelehkan/cairkan margarine, sisikan dan biarkan mendingin.
2. Panaskan oven dengan temperatur 175 derajat.
3. Ayak tepung terigu, meizena, susu bubuk dan VX...aduk rata, sisihkan.
4. Kocok telur beserta gula pasir, dan TMB sampai mengembang.
5. Masukan campuran tepung terigu dan kawan-kawannya...hehehe:),
aduk perlahan dengan mempergunakan mixer kecepatan rendah.
6. Masukan kembali Tape Singkong yang sudah di haluskan berserta margarine cair, lalu aduk perlahan dengan mempergunakan spatula sampai rata.
7. Adonan siap untuk di panggang, gunakan loyang brownies.
8. Setelah setengah matang taburi kismis dan keju parut diatasnya.
9. Untuk mengetahui matang atau belumnya, bisa anda tusukkan cakenya dengan tusuk sate...jika sudah tidak lengket/cair...berarti adonan sudah matang.
10. Angkat dan dinginkan, siap disajikan untuk teman minum teh/copi.
11. SELAMAT MENCOBA

Ps.
Pada Cake saya  (lht photos) kismis turun ke bawah karena sejak awal saya sudah mencampurnya, oleh sebab itu saya sarankan taburan kismis dan keju lebih baik di taburi pada saat adonan setengah matang.



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)