31 October 2013

CAKE CARAMEL (Sarang Semut)

Pertama kali bikin Cake Caramel 'berhasil'...(30.10.2013)
Sudah pasti senangnya minta ampun...besoknya bikin lagi.
Karena tidak sampai 1 hari sudah habis...

Bangga euuuiii sama diri sendiri, pertama kali bikin dan berhasil, sarangnya juga banyak.
Ini pakai resep teman di NL (Febi), setahun lalu makan Cake Caramel buatan dia...
jadi penasaran mau bikin juga.
Tapi ya itu deh...selalu di tunda-tunda teruuusss, nah baru kemarin eksekusi Cake Caramel.
Tapi seperti biasa deh...selalu coba-coba resep, kurangin ini...nambahin itu.
Waktu bikin selalu pakai kira-kira...30% resep berubah, selebihnya pakai resep temanku.

Kadang kan kalau di kasih resep hampir selalu ukuran loyang yang dipergunakan lupa di lampirkan.
Nah kalau saya pakai loyang yang ada saja di rumah...salah satunya Cake Caramel yang mempergunakan Mog Cup ini.
Selebihnya pakai loyang tulban motif ukuran 22cm, kalau ga salah...hehehe:)

Ini Resep dari teman yang sudah di rubah 30% oleh saya.

Bahan-Bahannya:
- 350 gr Gula Pasir
- 325 ml Air panas
- 150 gr Margarine/Mentega, lelehkan/cairkan
- 1/2 kaleng, Susu kental manis
- 6 butir Telur Ayam, ukuran sedang
- 200 gr Tepung terigu
- 5 sdm Susu bubuk
- 1 sdm BP
- 1 sdm Soda Kue
- 1 bks vanilie (11gr)

Cara Buatnya bisa lihat di bawah tapi sudah dengan cara yang berbeda, Cara semau gw...hehehe:)

Heran ya kalau di rumah saya nih yang namanya cake/makanan atau apa saja deh,
kalau sudah hampir habis...hampir pasti selalu jadi rebutan,,,hihihi:)
Itu artinya  "ENAK"..."LEKKER"...berarti kudu harus bikin lagi.
Nah hari ini (31.10.2013) saya juga bikin lagi tapi dengan penemuan yang baru dari Caramel Cake.
Tunggu ya resep Cake Caramel dari Gula Jawa temuan saya...

Cara Membuatnya:
(Cara semuanya Gw...hihihi:)

1. Masak gula pasir+vanilie diatas api kecil hingga menjadi Caramel/mengental.
2. Masukan air panas kedalam Caramel, aduk2 sebentar dan sisihkan.
3. Lelehkan/cairkan margarine/mentega dan sisihkan.
( resep teman saya tidak di lelehkan juga ukuran margarinenya hanya 50 gr)
4. Campur tepung terigu, susu bubuk, BP, sisihkan.
5. Kocok telur berserta Soda kue sebentar saja, tidak perlu sampai mengembang supaya mendapatkan serat yang banyak.
Jika terlalu banyak di kocok maka tidak akan menghasilkan banyak serat/sarang.
6. Masukan campuran terigu kedalam kocokan telur sedikit demi sedikit bergantian dengan Caramel sampai adonan keduanya habis.
7. Terakhir masukan margarine cair dan SKM aduk perlahan-lahan dengan mempergunakan spatula, bisa juga dengan mixer dengan kecepatan rendah dan tidak lama.
8. Jika adonan masih menggumpal atau masih terlihat tepung teriga yang belum tercampur rata, adonan bisa di saring.
Ingat jangan terlalu banyak di aduk.
9. Masukan adonan ke dalam loyang dan siap di panggang, temperatur yang saya pakai 175 derajat.
10. Masa pemanggangan kulang lebih 45 menit - 60 menit.
11. Untuk memastikan sudah matang atau belum...seperti biasanya saya selalu pergunakan tusuk sate.
12. Jika sudah matang adonan agak sulit dikeluarkan dari loyang, bisa mencungkil satu bagian dengan mempergunakan pisau yang ujung tidak tajam dengan perlahan-lahan.

SELAMAT MENCOBA






3 comments:

  1. Mbak, Sori pertanyaannya gak nyambung. aku awal bulan kemaren kan ke Belanda. terus dari ujung ke ujung, tiap beli koffie, cuma kopi sama susu dan gula, rasanya kok mantap sekali ya? sepertinya orang belanda adalah pembuat kopi terbaik. Terus aku beli kopi pad, dari rumah rasanya enak, tidak semantap di restoran-restoran itu tapi lebih enak dari kopi pad Jerman. pertanyaanku, kalau di restoran itu, bagainama sih mereka bikin kopi seenak itu? apa pakai penguat rasa, atau kopinya di dobel? makasih ya...

    ReplyDelete
  2. Kalo di Palembang namanya bolu koramil atau sarang semut juga mbak,
    salah satu favoritku, tp mama bbrp kali nyobain msh gak terbentuk banyak sarang semutnya...
    aku suka legitnyaitu loh, apalagi klo sama kakakku dikasih brown butter...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)