30 March 2014

Step by Step Cara Mambuat BAKPIA PATHOK a la Me

Resep bisa lihat disini: BAKPIA PATHOK a la Me
Isian Bakpia:

- Kacang Hijau kupas, rendam selama 1 jam (saya beli yang kemasan jadi) tinggal rendam, bersihkan airnya,
dan haluskan atau blender dengan tambahi santan secukupnya juga gula pasir secukupnya
- Masak dengan api kecil sampai rata dan sedikit halus, sisihkan.
- Bisa memberi rasa atau warna pada isi'annya, selera anda saja.
Keterangan 1, 2 dan 3

1.> Bahan 1 (bisa lihat DISINI) uleni hingga kalis kemudian bulatkan sebesar bola bekel.
2.> Begitu juga dengan Bahan 2 (bisa lihat DISINI) uleni hingga kalis dan bulatkan, adonan kedua sedikit lebih kecil.
1-2.> Adonan 1 pipihkan, kemudian taruh adonan 2
3.> Kemudian satukan dan bentuk bulat.
Keterangan 4, 5. 6 dan 7

4.> ratakan/pipihkan kembali kedua adonan tersebut.
5.> Gulung menyerupai bentuk semprong.
6.> Setelah itu tarik ujung gulungan dan satukan dengan ujung lainnya.
7.> Diamkan kurang lebih 1/2 jam atau sampai 1 jam (dalam eksekusi saya, saya tidak menunggu lama,

tetapi langsung mengisinya dengan isian kacang hijau).
Dikarenakan cuaca disini dingin, yang akan mengakibatkan adonan cepat mengering.
Juga kerana adonan 2 sedikit sulit dibentuk, mungkin terlalu lama di diamkan.

Saran saya...jika tidak ingin adonannya cepat menjadi kering dan sulit untuk di bentuk,

lebih baik setelang mendapat 8-10 potong langsung di isi dan bentuk.
Karena pada adonan 2 nantinya memang ada yang pecah atau sulit untuk dibentuk,
karena adonan sedikit mengering.
Kalau saya memang sengaja membuat adonan sedikit berlapis,
jadi sedikit mengering tidak apa tapi tetap saya usahakan bisa di bentuk
Kembali kepada selera anda saja...
Keterangan 8/9, 10 dan 11

8/9.> Pipihkan adonan dan langsung isi dengan isian kacang hijau,
dengan kacang hijau  atau denganrasa yang anda sukai

sampai adonah habis atau bikin bertahap.
10.> Setelah di isi bulatkan kembali.
11.> Ujungnya bisa digunting, untuk menghasilkan adonan yang rata di bagian bawah.
Keterangan 12 dan 13

12.>  Tandai adonan Bakpia dengan warna, untuk membedakan rasanya.
13.>  - Adonan sedikit di tekan dan letakan pada loyang beralaskan kertas roti.
- Panggang dengan temperatur 175 derajat, kurang lebih 10 menit atau kelihatan kecoklatan.
- Kemudian balik dan panggang kembali...sampai adonan selesai.

- Sepertinya sulit ya? Ternyata tidak kok, apalagi setelah melihat hasilnya...wuuiiihhh puas sekali.

Semoga bermanfaat...foto steb by step Cara Membuat Bakpia Pathok a la saya ini.

Buat saya yang tinggal di luar negri tentunya bangga sekali bisa bikin BAKPIA Pathok ini.

Ga pernah menyangka akan bisa bikin BAKPIA.
Jadi ga perlu ke Yogya lagi untuk bisa makan BAKPIA Pathok...hihihi:)
Cukup bersibuk ria di dapur...traaaalllaaaa...jadi deh.

Tunggu resep saya selanjutnya dengan BAKPIA yang sedikit basah.

SELAMAT MENCOBA


2 comments:

  1. Woow one of my fav food nih, biasanya suka nitip kl ada temen ke Jogja. Mau ikutan coba buat aah, mbak ijin copy resepnya boleh yah buat blog aku? Salam kenal dari aku mbak... :D

    ReplyDelete
  2. Woow one of my fav food nih, biasanya cm bisa nitip temen aja dari Jogja. Berkat resep ini jd mau ikutan coba buat ah, ijin copy resepnya yah mbak buat blog ku. Btw, salam kenal dari aku mbak... :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)