22 October 2014

BALADO UDANG (+Balado Telur Rebus)



BALADO UDANG (+Balado Telur Rebus)
Sekalian bikin 2 macam Balado karena bikin bumbunya banyak sekali.
Awalnya hanya bikin balado udang, lalu ingat kalau masih ada telur rebus.
Jadilah Udang dan Telur Balado.
Resep dasar saya pakai dari SajianSedap
Hanya saja sudah saya modifikasi dengan menambahi tomat dan 
cabai kriting saya ganti dengan cabainya orang suriname.
Juga saya tidak memakai terasi.
Selebihnya hampir sama, oh iya porsi bumbu halusnya saya perbanyak.
Bahan-bahan yang di perlukan (sudah dengan versi saya):
- 500 gr udang ukuran sedang (kulit tidak di kupas)
- 6 butir telur rebus
- 1 sdt air jeruk nipis
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 1/2 sdt merica bubuk
- 100 gr minyak goreng, untuk menumis
- 5 lembar daun jeruk, buang tulangnya dan iris halus
- 1 batang serai, memarkan

Bumbu-bumbu yang di haluskan/blender:
- 10 buah cabai merah ukuran besar
- 5 buah cabai suriname
- 5 buah cabai rawit
- 2 buah tomat
- 5 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih

Cara Membuatnya:
1. Lumuri udang dengan air jeruk dan beri garam, merica.
Diamkan selama 10 menit, sisihkan.
2. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu yang sudah di haluskan.
3. Masukan daun jeruk, serai ke dalam bumbu sampai mengeluarkan bau harum,
lalu masukan udang aduk perlahan sampai rata dan udang berubah warna.
4. Tambahkan garan dan gula pasir, aduk rata dan masak sampai matang.
5. Angkat dan sajikan...

SELAMAT MENCOBA




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)