20 February 2017

K R E M E S A N

K R E M E S A N

by LYNDA MAITIMU

KREMESAN GURIH RENYAH  dan BERSARANG

@mom_emmyxander
#imakes_itakes
#LyndaMaitimu
#LM24Photography_NL
#LM24FoodPhotography

source by @Tintinrayner (IG)
Recook by @mom_emmyxander  (IG)

KREMESAN GURIH RENYAH  dan BERSARANG
garing...kriuk-kriuk.

Asli ini renyah banget...pokoknya enak, kriuk-kriuk.
Ini yang ke dua kali saya eksekusi, yang pertama kali bikin Desember 2016.
Langsung berhasil, walau awalnya ga nyakin sama adonannya, kok encer banget ya?
Seperti goreng air kaldu ayam...hihihi:) Maklum pertama kali...

Awalnya saya bikin adonannya langsung di tuang, ternyata kurang bersarang.
Setelah lihat video via youtube, saya langsung praktekkan.
Lalu coba dengan di percikan beberapa kali, kira-kira 4-5 kali percikan.
Caranya dengan mengambil adonan tersebut dengan jari tangan saja, lalu di atas wajan panas di percikan saja adonan tersebut sampai beberapa kali. Tapi harus hati-hati karena percikan minyak itu loh...
Setelah itu adonan di rekatkan biar tidak ambrul, lalu lipat setengah adonan dan lipat lagi atau sesuai selera anda saja.


Tips dari saya:


Saya membalik adonannya hanya 1 kali saja biar tidak berminyak sekali juga tidak ambrul/pecah.
Sebisa mungkin pakai minyak yang baru, biar adonan nantinya tidak berminyak.
Lalu tiriskan di atas saringan, setelah itu tiriskan kembali di atas tisu dapur.
Perhatikan hasilnya deh...

Biar ga penasaran di coba saja, langsung eksekusi deh istilahnya.
Perkara berhasil atau tidak itu urusan belakang...

gimana mau berhasil kalau belum di coba?
Baca resepnya baik-baik, lalu sesuaikan bahan yang ada.
Walau di usahakan resep ga jauh berbeda biar ga salah...
Saya sih di sesuaikan bahan yang ada saja di rumah...

Beberapa bahan yang ada dalam resep aslinya, saya sesuaikan dengan bahan persedian yang ada di rumah saya.
Misalnya tepung sagu, saya ganti dengan tepung tapioka.

Air atau santan, saya ganti dengan air ungkepan/rebusan ayam (buat ayamgoreng).
Bawang Putih saya pakai yang pasta (bentuk cream, kemasan instan)
Baking Powder Double Action, saya ganti BP biasa.

Selebihnya bisa lihat resep di bawah ini ya...

Ini RESEP KREMESAN versi saya...
versi Mba Tintin bisa mampir di gallerynya ya.

Bahan yang di butuhkan:

- 125 gr tepung tapioka
- 2 sdm munjung tepung beras
- 1/2 sdt Baking Powder
- 1 butir kuning telur ayam
- 1 sdt bawang putih halus (2 siung bawang putih)
- garam, penyedap rasa secukupnya
- 200 ml air ungkepan ayam
- 100 ml air matang

Cara Membuatnya:


1. Campur semua bahan dalam satu wadah, kocok merata dengan mempergunakan whisk.

Kecuali BP, mencampur BP-nya terakhir.

2. Panaskan minyak dalam wajan, sambil menunggu minyak panas bisa masukan BPnya, aduk rata.

3. Setelah minya cukup panas, siap percikam adonan kedalam wajan dengan memercikannya beberapa kali (saya 4-5 kali)
Dengan cara mengambil adona tersebut dengan jari tangan dan di percikan secara memutar.

4. Rekatkan adonan agar tidak ambrul, lalu lipat menjadi setengah bangian dan lipat kembali sesuai selera anda saja.

5. Balik adonan cukup satu kali saja, setelah agak kecoklatan angkat dan tiriskan.

6. Setelah itu tiriskan kembali di atas tisu dapur/makan. Dan siap di sajikan...


SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)