02 January 2015

SPONGE CAKE CAPPUCCINO

 
SPONGE CAKE CAPPUCCINO


SPONGE CAKE CAPPUCCINO versi saya.
Resep saya adaptasi dari Sponge Cake Dasar NCC
Hanya saja sudah sedikit modifikasi dari saya.
Dan Resep Sponge Cake Cappuccino ini saya pakai juga dari resep Sponge saya sebelumnya yang mempergunakan Spekkoek dan kali ini saya ganti pakai Cappuccino dan sedikit pasta chocolate.
Dan margarine saya ganti pakai minyak goreng...hihihi:)
Karena malas harus melelehkannya juga lupa karena sudah keburu bikin adonannya.
Dan ini pun hasil coba-coba saja, berhasil syukur ga berhasil coba bikin lagi.
Resep sebelumnya ada disini Sponge Cake Spekkoek Mocca
Yang sekarang ini saya pakai 8 telur seperti resep aslinya,
dari Resep Sponge Cake Dasar NCC by Fatmah Bahalwan.

Resepnya Mudah sekali hampir sama dengan Sponge Cake Dasar NCC,
hanya saja sudah saya modifikasi sedikit dengan 2 rasa, normal dan cappuccino...
Plus 2 tetes pasta chocolate biar kelihatan warnanya.

Bahan-bahannya:

8 telur ayam
180 gr gula pasir (jika kurang manis tambah sendiri)
200 gr tepung terigu
1sdm maizena
1/2 sdt BP (bisa di skip)
25 gr bubuk cappuccino
2 tetes pasta chocolate
1 sdt Ovalet
120 ml minyak goreng
Loyang bulat ukuran 22cm-24cm (disesuaikan saja)
Loyang di olesi margarine/mentega dan taburan terigu.

Tips.
Saya mempergunakan oven Gas, jadi untuk pemakaian oven disesuaikan saja,
dengan Oven yang anda pakai. Saya pakai panas menyeluruh.


Cara Membuatnya:

1. Panaskan oven 175 derajat.
2. Kocok telur, gula dan Ovalet sampai mengembang/kental (jambul petruk kata Bu Fat)
3. Masukan terigu, meizenan, BP sambil di aduk rata perlahan, dengan sistem putar balik.
4. Masukan minyak dan aduk rata, bagi adonan mendadi 2 bagian atau sesuai selera.
Satu dengan warna normal dan satu lagi campur dengan bubuk cappuccino dan pasta chocolate.
5. Tuang adonan satu titik dan tuang kembali adonan lain di satu titik yang sama, sampai adonan habis.
Atau tuang adonan cappuccino-nya terlebih dahulu baru adonan biasa. Selera anda saja.
6. Siap di panggang/oven sampai matang kecoklatan atau kurang lebih 30-45 menit.

SELAMAT MENCOBA


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)