17 February 2015

Chocolate Chiffon Cake (CC77)


Chocolate Chiffon Cake (77)
 versi LYNDA MAITIMU
Resep saya pakai Chiffon Cake 77 (LM) resep saya sendiri.

Dalam foto-foto ini saya hanya ingin belajar Food Photography.
Jika ingin resep dari Chiffon Cake, saya sertakan juga di bawah dengan versi Chocolate Chiffon Cake (77).
FOOD PHOTOGRAPHY (LM Food Photography)
FOOD STYLING PHOTOGRAPHY


Apa saja yang saya butuhkan untuk Food Photography versi saya ini:


1. Kenali Camera yang kita pakai. Setting/Atur editan yang di inginkan, misalmya: ISO, kecepatan dan lainnya.
2. Properti: kain putih buat bakcground, servet motif, lampu hias dari rotan, rotan hati, wadah lilin perak.
Properti tersebut sebisa mungkin warnanya senada jangan berlawanan (mis: dengan kuning) nantinya akan kontras sekali.
Bisa juga tambahkan propertinya pisau.
Saya pakai properti lambu ini untuk menghidupkan warna dari Chiffon Cake ini.
Karena setelah mau di foto cuaca sudah mulai gelap, saya tidak dapat cahaya langsung dari luar jadi saya pakai lampu ini untuk menghidupkan Foto ini.
3. Saya pakai juga Tripot, selain untuk mencari fokus pada Cake ini. Karena Cake ini minim hiasan di atasnya.
Chocolate Chiffon Cake 77 versi LYNDA MAITIMU

Bahan yang di butuhkan:
- Bahan A:
- 7 butir putih telur
- 100 gr gula pasir 
- 1/2 sdt soda kue
- 1/2 sdt Cream of TarTar

Bahan B:
7 butir kuning telur
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 25 gr gula pasir

Bahan C:
- 100 gr tepung terigu (all purpose flour)
- 10 gr chocolate bubuk
- 20 gr meizena
- 20 gr susu bubuk
- 1/2 sdt Baking Powder
Semua dalam bahan ini di ayak/aduk sampai rata.

Bahan D:
- 100 gr minyak goreng
- Chocolate Pasta secukupnya
- Rum 2 tetes (optional)
Cara Membuatnya:


1. Kocok Bahan A sampai mengembang dan putih (soft peak) tandanya jika di balik tidak tumpah, sisihkan.

2. Kocok Bahan B sampai mengembang dan pucat, jika sudah mengembang matikan mixer.

3. Masukan Bahan C sedikit demi sedikit ke dalam Bahan B dan bergantian masukan Bahan A, aduk perlahan dan tuang kembali sisa adonan sampai adonan habis.

4. Lalu aduk adonan perlahan-lahan dengan mempergunakan spatula sampai adonan tercampur rata.

5. Aduk adonan dengan methode aduk balik (FOLD) sampai adonan benar-benar tercampur rata.

6. Terakhir masukan Bahan D, aduk kembali sampai warna chocolate dari Chocolate Pasta tercampur dengan merata. Juga minyak tercampur dengan baik, tidak mengendap di bawah.

7. Masukan Adonan dalam loyang bongkar pasang, kira-kira dengan diameter 22-24cm.

8. Oven atau panggang dengan temperatur 175*, kurang lebih 30-60 menit.

9. Oven yang saya pergunakan adalah oven gas, jadi sesuaikan saja cara pemanggangannya dengan oven yang anda pakai.

Tips. 
Loyang tidak di olesi ya,
jadi loyang dalam keadaan biasa tanpa olesan margarine atau terigu.
Bisa mempergunakan Loyang bulat atau kotak, terserah saja sesuai selera anda.
Lebih baik pergunakan yang model bongkar pasang.

Jika minyak goreng tidak tercampur dengan baik/rata atau masih mengendap di dasar, maka akan mengakibatkan adonan bantat atau tidak mengembang.

Panaskan loyang sebentar sebelum adonan di masukan, fungsinya untuk mengikat celah2 pada loyang, agar adonan tidak merambat ke luar atau bocor.

Untuk memastikan jika adonan sudah matang adalah sudah mengeluarkan aroma harum
dan dapat juga menusukan tusuk sate pada adonan cake.
Jika sudah tidak lengket berarti adonan sudah matang.

SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)