12 August 2015

ES LILIN Blackberries

ES LILIN Blackberries
Kalau di Netherlands buah Blackberries itu namanya buah BRAMEN.


Bangga sekali rasanya bisa mewujudkan bikin ES LILIN Blackberries ini.
Apalagi ini jajanan saya sewaktu kecil, selain kita dulu selalu beli dan sekali waktu bikin sendiri.
Dan sekarang saya bikin sendiri dengan rasa yang jauh berbeda sekali sewaktu di Indonesia dulu.
Kalau dulu selalu dengan rasa aneka sirup dan kacang hijau, tapi ini pertama kali saya bikin es lilin dengan memakai buah yang mungkin di Indonesia dianggap buah mahal.
Buah Blackberries...buah yang warnanya sexy menurut saya loh, dan bentuknya juga yang cantik.

Tidak sia-sia tahun lalu saya beli plastik es ini, memang sudah lama saya niatkan.
Jika saya pulang ke Indonesia apa saja yang ingin saya bawa saya coba wujudkan...seperti halnya plastik es ini.

Ceritanya berawal dari kami jalan-jalan membawa anjing kami untuk bermain di sungai (area dekat rumah kami).
Dan secara tidak sengaja kami temui pohon blackberries ini tumbuh dengan liar dan berbuah banyak.
Karena pada saat itu belum benar-benar matang untuk di petik, maka kami berniat dateng kembali dalam beberapa hari lagi untuk mengambil buah tersebut.
Hari pertama kami bisa membawa pulang 1 kantong plastik, hari selanjutnya ternyata sudah ada beberapa orang juga ikut panen. Dan hari selanjutnya ternyata sudah hampir habis karena sudah banyak orang yang juga mengambilnya.

Termyata di NL kami bisa melacak/searching area mana saja yang bisa kami kunjungi dan kami bisa mengambil buahnya dengan gratis/bebas.
Suami saya coba searching dan ada beberapa area di dekat rumah kami yang bisa kami kunjungi dengan bersepeda untuk bisa sampai kesana. Dan ada beberapa buah yang bisa kami ambil...misalanya bramen/blackberries, apple, raspberry.
Dan kami mencoba ke area yang paling dekat dengan hanya bersepeda 10-15 menit kami sudah sampai di tempat area buah Blackberries ini.
Dan di tempat ini belum ada orang datang untuk mengambil buah tersebut, maka kami dengan leluasa/puas bisa mengambilnya.
Padahal tempat ini tidak jauh dari rumah kami, ternyata selama 9 tahun tinggal di NL saya tidak pernah perhatikan area-area yang bagus untuk kami kunjungi walau hanya untuk piknik atau sekedar duduk saja.
Lumayan hari pertama kami bisa bawa pulang 3 kantong plastik, dan ternyata buah blakberries ini kalau kita tidak perhatikan beberapa buahnya ada ulat-ulat kecil...kecil sekali sih.
Setelah cari di internet bagaimana menghilangkan ulat-ulat tersebut, maka saya temui cara menghilangkan ulat tersebut.
Caranya buah tersebut di rendam dalam air dan di taburi garam (secukupnya) dan di biarkan dalam 15-30 menit lalu cuci bersih dengan cara menyaring (saringan besar) agar ulat tersebut jatuh. Sisihkan...cara selanjutnya akan di jelaskan di bawah.

Awalanya buah bramen tersebut hanya saya bikin untuk Selai/Jam.
Tapi karena sudah ada 2 toples selai/Jam Blacberries, jadi saya coba bikin sirup blackberries.
Karena hampir tiap hari kami mengambil buah tersebut jika tidak hujan dan cuaca sedang bagus.
Hari berikutnya saya coba buat sirup Blackberries.
Ternyata dari perasan atau setelah disaring buah tersebut untuk sirup, masih bisa di pakai atau masih saya ambil air sarinya lagi untuk saya coba bikin es lilin.
Dan ternyata berhasil...seperti yang anda lihat dari foto-foto ES LILIN ini.

Sebenarnya Resep dari ES LILIN ini semua masih takaran kira-kira saja, maklum ini baru pertama kali uji coba.
Jadi tidak pakai takaran yang pasti, api saya akan kasih gambaran kira-kira berapa perbandingan dari bahan-bahan yang di butuhkan.

Bahan-bahan yang di butuhkan:

- 500 gr buah Blackberries/Bramen (bisa ganti buah lain jika tidak ada)
- 250 gr -300 gr gula pasir (disesuaikan)
- 4 sdm gula gelei (gelei suiker), semacan gula jelly (jika tidak ada bisa skip)
- 10 gr vanila bubuk
- 2 sdm meizena
- 1 gelas air (secukupnya/disesuaikan)




Cara Membuatnya:

1. Setelah buah di cuci bersih dan di hilangkan ulat-ulat yang kecil yang menempel di beberapa buah tersebut.
2. Cara menghilangkannya sudah saya jelaskan diatas, lalu masukan buah blackberries ke dalam panci.
3. Masukan gula pasir, gula gelei, vanila bubuk...masak sampai mengeluarkan air.
4. Lalu masukan air dan meizena yang sudah di campur air secukupnya, lalu masak sampai matang.
5. Sedikit-sedikit diaduk dan cicipi rasanya, jika kurang manis bisa tambahkan gula.
6. Juga bisa di lihat kekentalan yang di inginkan, jika kurang kental bisa tambahkan gula gelei lagi.
7. Setalah matang dan buah sudah hancur, dinginkan.
8. Setelah dingin bisa saring buah tersebut dengan mempergunakan saringan.
9. Air/sirup yang sudah di saring tersebut bisa di pergunakan untuk membuat ES LILIN ini.
Caranya dengan menambahkan air secukupnya, masukan dalam plastik dan siap di masukan dalam friser.

Dan dari sisa buah yang sudah di saring tersebut, masih bisa di buat sirup encernya.
Saya pergunakan kembali untuk membuat air es lilin, dengan cara memasaknya kembali dan memberi air secukupnya dan juga beri gula secukupnya.
Lalu saring kembali dan air ini bisa di pergunakan untuk es lilin yang ke 2x.
Hasilnya tidak jauh beda, rasapun tidak jauh beda dengan hasil yang pertama.
Buah BlackBerry yang sexy ini jadi objek Photography saya.
#LM24Photography_NL

Ini adalah pohon blackberries tersebut, pohonnya banyak sekali durinya.
Jadi kalau kita mau petik harus hati-hati...tahun ini saya juga menanamnya di belakang rumah kami.
Nudah-mudahan dalam 2-3 tahun berharap bisa menghasilkan buah.

SELAMAT MENCOBA



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)