05 August 2015

PUDDING JELLY

PUDDING JELLY
Source: LYNDA MAITIMU
Pudding ini terbuat dari Agar-agar plain dan nutri jell, kebetulan tahun lalu sewaktu liburan ke Indonesia saya bawa agar-agar swallow dan nutri jell. Sekalian bawa banyak buat persediaan.
Sebenarnya anak-anak saya juga suami kurang suka dengan pudding model seperti ini.
Mungkin karena texture puddingnya yang agak keras dan padat.
Makanya saya akali dengan mencampur agar-agar dengan nutri jell.
Lumayan mereka akhirnya suka...apalagi lihat bentuknya yang lucu dengan warna warni.

Cetakan Pudding ini hadiah dari salah satu teman yang berada di Yogyakarta, karena waktu liburan tahun lalu kami juga berlibur ke Yogya. Dan bertemulah kami dengan de Afi Little Sun.
Sehari sebelum balik ke Jakarta saya di hadiahi banyak hadiah dari de Afi.
Bukan hanya saya yang dapet hadiah tapi anak-anak saya juga, dan cetakan pudding ini juga hadiah dari de Afi.
Dan ada beberapa hadiah lagi yang berguna buat saya pakai, ada cetakan bunga buat bolu kukus, piring ayaman dan yang paling kami suka adalah teko dari tanah liat asli Yogya hadiah dari Ibunya de Afi dan kami pajang di meja makan sebagai hiasan saja. Kata suami saya sayang kalau di pergunakan...jadi tiap saat kalau kamimlihat teko tersebut pasti ingat dengan si pemberinya.
Terima Kasih banyak ya de Afi, sampai lain waktu kita ketemu lagi.
Salam buat Ibu, Bapak juga keluarga disana.
Salam sayang dari kami...cium manis dari Emmy dan Alexander.

Bikin Pudding ini sebenarnya mudah tapi ribet...bet.
Karena harus bikin menjadi beberapa warna, lalu di potong-potong dan di susun sedemikian rupa sehingga menghasilkan warna yang seperti anda lihat pada foto pudding ini.
Bawahnya adalah pudding chocolat andalan saya...pudding chocolate itu pernah saya buat dan ada disini.


Bahan-bahan yang di butuhkan:

Untuk Pudding Warna (A)
- 1 bungkus agar-agar swallow plain
- 3,5 gelas air
- 150 gr gula pasir
- 2 sdm skm
- pewarna makanan (saya pakai merk Wilton), warna sesuaikan saja.
Buat 3-4 warna, bagi menjadi 3-4 bagian

Untuk Pudding Susu-nya/warna putih (B)
- 1 bungkus agar- agar swallow plain
- 1 bungkus nutri jelly plain
- 6-7 gelas air
- 250-300 gr gula pasir
- 6 sendok makan skm
(setelah jadi bagi menjadi 2 bagian: 3/4 untuk lapisan sisanya untuk putik bunga yang ada di tengah)
Sisa selebihnya bisa sisihkan atau bisa campurkan pada adonan Chocolate

Untuk bagian Chocolatenya bisa lihat pada resep ini (C):
Chocolate Pudding Full Milk
Bagian Chocolate ini sebagai penutup bagian akhir.
Buat saya bikin pudding ini agak ribet karena mempergunakan 3 tahapan.
Padahal setelah jadi habisnya tidak sampai 2jam sudah ludes...habis...bis.
Atau karena sedang panas disini jadi makan pudding bikin segar....
Entah lah...yang penting anak-anak suka dan suami juga suka, saya juga sueneng buaaanget...


Cara Membuatnya:

Tahap A:
1. Air taruh dalam panci, masukan agar-agar, gula pasir, skm aduk rata.
2. Masak ahar sampai matang, dan bagi menjadi 3-4 bagian.
3. Taruh dalam wadah dan beri pewarna makanan, warna ssesuai kesukaan anda saja, aduk rata, sisihkan.
4. Setelah keras/jadi, potong-potong dadu dan simpan dalam kulkas.
Lanjutkan bikin yang tahap B

Tahap B:
Caranya hampir sama dengan tahap A, hanya saja 3/4 yang di pergunakan.
Sisanya untuk untuk di teteskan pada putik bunga tersebut.

Tahap C hampir sama membuatnya...

Cara Menyusun agar-agar tersebut:
1. Setelah putik bunga tersebut mengeras lalu taruh agar-agar Tahap A (warna) yang sudah di potong.
Susunannya adalah berselang seling, biar hasil warnanya bagus setelah jadi.
2. Lalu perlahan-lahan tuang agar-agar Tahap B (putih), jangan sampai penuh ya.
3. Dinginkan dan setelah dingin, masukkan agar-agar Tahap C (Chocolate) sampai bagas bagian atas.
4. Lalu dinginkan, setelah dingin masukan dalam kulkas.
Tunggu beberapa jam baru bisa di nikmati, dan lihat hasil jadinya.
5. Sajikan dengan Vla Vanilla atau bisa dengan ice cream.

SELAMAT MENCOBA

2 comments:

  1. Replies
    1. SKM itu Susu Kental Manis Pak Guntur, di Indonesia banyak di jual dalam kemasan kaleng.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)