19 March 2017

POTATOES BEEF BALL CHEDDAR


POTATOES BEEF BALL CHEDDAR
(Aardappelen Rundvlees Ballen)
Mijn eigen Recept
source #REALKitchenNL

BOLA_BOLA KENTANG GADING SAPI isi Keju CHEDDAR
Ide muncul dengan sendirinya, dari sisa kentang rebus jadi sesuatu yang lezat.

Potatoes Beef Ball Cheddar ini semacam Perkedel kalau di Indonesia.
Tapi beda karena isiannya juga beda, bahannya pun sedikit beda.
Tapi kalau rasa menurut saya ini lebih uenak banget, rasa kejunya dan susunya yang bikin lekker.

OLAHAN KENTANG REBUS
Memanfaatkan sisa kentang rebus maka jadilah PBBC.

Biasanya seminggu dalam beberapa hari kami makan kentang rebus, makanan hari-hari orang Belanda.
Dulu waktu pertama kali sih rasanya aneh saja, makan kentang seperti makanan nasi.
Karena kentang menjadi makanan utama suami saya, mau tidak mau sayapun harus menyesuaikan.
Tapi karena saya tidak bisa tiap hari harus makan kentang rebus, lalu saya cari ide untuk bikin kentang dengan versi saya sendiri.
Nah biasanya sisa kentang rebus tersebut saya bikin sesuatu buat cemilan atau snack.
Salah satunya Potatoes Beef Ball Cheddar ini.

Olahan Kentang versi Lynda Maitimu

Nah orang Belanda kalau makan kentang rebus lauknya cuma daging sapi/babi atau sosis yang di grill/panggang atau di masak biasa.
Dan sayurannya biasanya saya pilih Rode Kool yaitu irisan kol merah di campur dengan apel.
Karena anak-anak saya juga suka, mungkin ada rasa apelnya.
Jadi ada rasa sensasi asem manisnya yang bikin mereka mau.
Tapi selama ini sih saya cuma beli di supermarket, belum pernah bikin Rode Kool.
Mungkin lain waktu perlu di coba.

Ini bukan BITTERBALLEN yaaa...

Karena Bitterbalen asli Holland tidak mempergunakan kentang.
Kalau ada bitterballen yang beredar selama ini mempergunakan kentang atau isian lain, saya rasa mereka cuma menamakan saja karena bulatan tersebut seperti Bitterballen.
Ntah mau kesannya lebih kebarat-baratan, atau biar keren.
Tapi biar tidak salah kaprah menamakan Kuliner Luar, kita harus juga memperhatikan kebenarannya.
Setidaknya mencari tau Apa Nama Kuliner tersebut dan resepnya sama tidak.
Jadi jangan main menamakan saja, padahal SALAH KAPRAH.
Please be smart...

Sekarang kita bahas Resep dan Bahan-bahan dari PBBC
Sebenarnya bahan-bahannya tanpa takaran pasti, karena waktu membuat hanya mengira-ngira saja.
Tapi saya kasih takaran kira-kira saja . . .

Bahan-bahanya:

- 250 gr Kentang Rebus, tiriskan sampai tidak mengandung air
- 250 gr daging sapi giling
- 2 butir telur ayam
- 1 sdt cream cheese
- 1 sdm susu bubuk
-  50 gr keju bubuk/ keju parut
- garam, merica secukupnya
- penyedap rasa royko secukupnya
.
- cheese cheddar secukupnya, untuk isian
- Tepung panir secukupnya
- Telur ayam kocok lepas, buat balutannya
- Minyak untuk menggoreng

Hhhhhmmm ternyata rasanya enak banget, rasa keju cheddar yang meleleh itu bikin mau nambah terus.
Mau coba resepnya silahkan, semoga bermanfaat buat yangsudah  mampir ke Blog saya.
Searang kita lihat Cara Membuatnya...

Cara Membuatnya:

1. Haluskan kentang rebus, tidak perlu sampai halus banget loh, sishkan.

2. Tumis/masak daging sapi sebentar saja, jangan terlalu lama ya.
Biar dagingnya tidak mengeluarkan minyak.
Bisa juga tidak perlu di masak, langsung di campur saja.

3.Campur kentang, daging giling dan bahan lainnya sampai merata.

4. Lalu bulatkan dan isi dengan cheddar, bulatkan kembali.
Lakukan sampai adonan kentang habis.

5. Lalu bulirkan ke telur ayam, masukkan ke dalam tepung panir.
lalukan sebanyak 2 kali, biar adonan padat.

6. Siapkan untuk di goreng, goreng sampai kecoklatan dan angkat.

7. Potatoes Beef Ball Cheddar siap di sajikan dengan sambal botol.
Atau bisa juga di santap dengan mayones.


SELAMAT MENCOBA

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

(28.Okt.2013)